Beranda Berita Photo Ini 9 Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjingi di Tangerang Selatan

Ini 9 Tempat Wisata Menarik Yang Wajib Anda Kunjingi di Tangerang Selatan

BERBAGI
Suasana Situ Gintung dikala senja

Beritatangsel.com – Pada tanggal 29 Oktober 2008 kota Tangerang Selatan secara resmi berdiri dan memisahkan diri dari Kabupaten Tangerang. Tercatat wilayah pemekaran baru ini menjadi kota terbesar kelima di Jabodetabek setelah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok. Dalam perjalanannya kota ini berkembang dengan cepat tidak hanya dalam bidang hal infrastruktur namun juga bidang pariwisata.

Pasti tidak banyak traveler yang tahu jika Tangerang Selatan bukan hanya dipenuhi dengan bangunan beton bertingkat yang berjejalan layaknya ibukota Jakarta. Di sudut-sudut kota ini terdapat tempat wisata menarik yang keren dan modern dengan suasana yang asri. Mana sajakah tempat wisata yang oke punya di kota Tangerang Selatan? Yuk Ikuti Travelingyuk menjelajahi kota ini.

  1. Suasana Alami Situ Gintung Sangat Pas Untuk Lari Dari Semrawutnya Kota

Terletak tepat di sebelah barat Jakarta. Posisi yang begitu strategis untuk traveler ibukota yang mau berwisata ke tempat sepi jauh dari kebisingan kota metropolitan. Salah satu pilihannya adalah berkunjung ke Situ Gintung. Danau yang dibangun pada rentang tahun 1932-1933 ini berada di kecamatan Ciputat Timur.

Sejak tahun 2008 Situ Gintung bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan irigasi saja namun telah dikembangkan sebagai tempat wisata yang keren. Keberadaan Situ Gintung tentu membawa angin segar bagi warga Tangerang Selatan yang tidak mempunyai obyek wisata pantai. Meski sempat mengalami musibah di tahun 2009 namun kini Situ Gintung telah berbenah kembali dan asyik untuk rekreasi.

  1. Taman Kota BSD City, Tempat Rekreasi Seperti di Kebun Raya

Umumnya taman kota merujuk pada kawasan hijau berupa taman yang ditanami bunga-bunga cantik. Lain halnya dengan taman kota yang ada di Tangerang Selatan ini. Karakteristiknya lebih mirip hutan kota atau malah kebun raya. Pun demikian taman kota yang ada di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City ini sangat nyaman untuk dijadikan lokasi piknik di akhir pekan dengan tujuan mencari ketenangan.

Taman Kota BSD City berada di dua lokasi. Taman Kota 1 berada persis di dekat sekolah Al Azhar BSD sedangkan Taman Kota 2 letaknya di kawasan industri Taman Tekno alias Techno Park. Baik Taman Kota 1 maupun 2 sama-sama menawarkan tempat rekreasi bertema alam yang nyaman baik untuk traveler muda maupun traveler keluarga.

  1. The Breeze BSD City, Tempat Nongkrong Asyik Dengan Konsep Modern

The Breeze adalah pusat lifestyle yang terletak di BSD City kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Kawasan ini diresmikan pada tahun 2013 dan menjadi yang pertama di Indonesia. The Breeze bisa traveler temukan di kawasan BSD Green Office Park. Tempat ini dibangun sebagai tempat lifestyle center serta tempat hiburan yang terintegrasi dengan danau pemandangan alami Sungai Cisadane.

Dalam kawasan yang begitu luas ini telah disediakan 65 unit usaha. Ke depan The Breeze diharapkan menjadi tujuan wisata belanja, kuliner dan rekreasi. Bukan hanya itu, bangunan-bangunan yang ada di tempat ini ditata sedemikian rupa dengan mempertimbangkan kenyamanan pengunjung. Mencari tempat nongkrong yang asyik? The Breeze BSD City jawabannya.

  1. Froggy Floating Castle, Bangunan Ajaib di BSD City

Masih di kawasan BSD City ada sebuah bangunan ajib yang terlihat seolah-olah melayang di udara yaitu Froggy Floating Castle. Bangunan setinggi 58 meter ini terlihat seolah-olah melayang setinggi 10 meter yang merepresentasikan impian anak-anak muda Indonesia untuk menjadi orang besar.

Froggy Floating Castle tercatat MURI sebagai gedung floating castle pertama di dunia. Gedung ini diprakarsai dan dimiliki oleh Fernando Iskandar dan iapun tidak hanya membangun gedung keren ini namun juga mendirikan Froggy Edutography, sebuah program pengembangan multiple intelligence bagi anak yang inovatif. Kalau toh kamu tidak tertarik bergabung dengan Froggy Edutography, kamu tetap bisa foto dengan latar belakang bangunan terkeren di Tangerang Selatan ini.

  1. Wisata Edukasi ke Kandang Jurang Doank

Kota Tangerang Selatan menyimpan potensi besar untuk mengembangkan obyek-obyek wisata bernilai edukasi. Setidaknya ada dua tempat yang paling terkenal sebagai tujuan wisata edukasi di kota ini. Salah satunya adalah Kandang Jurang Doank atau KJD. Inilah tempat komunitas kreativitas yang disebut juga sebagai sekolah alam.

Kandang Jurang Doank didirikan oleh artis Dik Doank yang begitu perhatian dengan pendidikan anak-anak Indonesia. Tempat ini menjadi salah satu aset wisata edukasi paling penting yang dimiliki Tangerang Selatan. Siapa saja boleh bergabung di Kandang Jurang Doank yang beralamat di Komplek Pondok Sawah Indah (Alvita), Tangerang Selatan, mereka akan mendapatkan banyak pelajaran yang disampaikan melalui cara-cara yang menyenangkan.

  1. Wisata Hutan Kota Tanah Tingal, Hadir Untuk Warga Kota Yang Haus Akan Wisata Alam

Selain Taman Kota di BSD City ternyata Kota Tangerang Selatan juga memiliki Hutan Kota yang disebut dengan Tanah Tingal. Keberadaan hutan kota ini bisa traveler temukan di Jalan Merpati Raya No. 32, Kelurahan Sawah Baru, kecamatan Ciputat, kota Tangerang Selatan. Kawasan ini sangat sejuk penuh dengan pepohonan dan danau kecil di area seluas sekitar 9 hektar.

Sang pendiri adalah almarhum Bapak Boediardjo, beliaulah yang memiliki lahan seluas ini dan mengikhlaskannya untuk dijadikan Hutan Kota demi penghijauan, pelestarian air, dan beranak pinaknya binatang di dalamnya. Nama Tingal sendiri bukanlah nama paten yang disematkan sejak dulu, namanya sempat berganti-ganti hingga akhirnya diputuskan mengunakan nama Tanah Tingal yang merujuk pada nama desa di Magelang, Jawa Tengah sebagai tempat lahir bapak Boediardjo. Setiap akhir pekan tempat ini menjadi tujuan rekreasi favorit warga kota.

  1. Ocean Park BSD City, Menawarkan Tempat Wisata Berkonsep Modern

Kembali ke kawasan BSD City ada sebuah tempat wisata yang menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia yaitu Ocean Park BSD City. Tempat ini merupakan water park yang keren di Tangerang Selatan dan wajib kamu kunjungi saat liburan ke kota ini.

Ocean Park BSD City mempunyai banyak wahana air yang seru di antaranya adalah Splash Town, Pacific Wave, Carribean River, Race Slider hingga Lagoon The Bahama. Tiket masuk ke Ocean Park di hari biasa adalah Rp. 40 ribu sedangkan akhir pekan dan libur nasional Rp. 75 ribu. Ada pula tiket hari pelajar yang jatuh setiap hari Selasa dan Rabu. Pada hari itu pengunjung yang menunjukkan kartu pelajar dan kartu mahasiswa akan dapat potongan harga 50%.

  1. Kampung Dongeng, Pendidikan Karakter Anak Bisa Dibangun di Tempat Ini

Kampung Dongen yang terletak di Jalan Musyawarah RT 04/01 No. 99 Kampoeng Sawah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten ini hadir bukan hanya untuk kepentingan wisata saja namun juga sangat perhatian dengan pendidikan anak-anak khususnya dalam membangun karakter si anak. Jadi banyak keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk berlibur di tempat ini.

Melalui dongeng anak-anak bisa belajar mengenai pentingnya nilai-nilai kehidupan. Pandiri Kampung Dongeng ini adalah Mochammad Awam Prakoso atau lebih dikenal dengan panggilan Kak Awam. Ia sangat jago mendongeng serta menirukan suara binatang atau backsound lainnya. Liburan ke Kampung Dongeng pasti akan banyak oleh-oleh cerita yang kamu dapatkan.

  1. Wisata Sambil Belajar di PUSPIPTEK

PUSPIPTEK atau Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah salah satu obyek wisata edukasi di Tangerang Selatan yang terletak di kawasan Serpong. Di sini pengunjung setingkat SD hingga SMA akan diajak berekreasi sambil mempelajari ilmu pengetahuan yang langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi mereka tidak hanya mempelajari teori saja yang sering kali membosankan.

Tujuan berdirinya PUSPIPTEK antara lain untuk mendukung proses Industrialisasi Indonesia, dengan rancangan menjadi kawasan yang mensinergikan SDM terdidik serta terlatih, peralatan penelitian dan pelayanan teknis yang paling lengkap di indonesia serta teknologi dan keahlian yang telah terakumulasi selama lebih dari seperempat abad.

Bagikan :