Beranda Berita Photo Waspadalah! 10 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Rambut Rontok

Waspadalah! 10 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Rambut Rontok

BERBAGI
Ilustrasi Kerontokan Rambut
Ilustrasi Kerontokan Rambut
Ilustrasi Kerontokan Rambut

BT.com – Rambut yang tebal dan tergerai merupakan impian hampir semua wanita. Sayangnya masalah-masalah rambut seperti kerontokan menjadi penghalang bagi wanita untuk memiliki rambut idamannya. Kerontokan rambut sendiri disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor genetik hingga kebiasaan yang tanpa sadar sering dilakukan.

Nah jika tidak ingin kerontokan yang kamu alami semakin parah, sebaiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang dijelaskan di bawah ini.

Mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas dapat menurunkan produk minyak alami rambut serta membuat kulit dan pori-pori kepala menjadi kering, yang akhirnya berujung pada kerusakan akar rambut. Rusaknya akar rambut akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh, sehingga rambut jadi lebih mudah patah dan rontok. Oleh karena itu, usahakan jangan terlalu sering mandi dan keramas dengan menggunakan air panas. Jika terpaksa harus mandi dengan air panas, cukup guyur air panas pada bagian badan saja, sementara untuk kepala, gunakan air biasa.

Sering menggunakan alat penata rambut

Sering menggunakan hair dryer, catokan dan pengeriting rambut? Wajar saja jika rambut kamu selalu rontok. Hal ini karena panas yang dihasilkan oleh alat-alat penata rambut tersebut dapat merusak protein pada rambut sehingga membuat kutikula rambut menjadi tidak terlindungi. Kerusakan kutikula ini pada akhirnya akan mengurangi kelembaban pada kulit kepala dan rambut,yang kemudian membuat rambut lebih rentan mengalami kerontokan.

Sebaiknya kurangi penggunaan alat-alat penata rambut yang menghasilkan panas. Cukup gunakan 2 atau 3 kali dalam seminggu, dan usahakan dengan suhu yang paling rendah. Dan jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan vitamin rambut untuk melindungi rambut kamu dari kekeringan akibat suhu yang panas.

Diet yang salah

Pola diet yang salah akan membuat tubuh kekurangan nutrisi-nutrisi penting, salah satunya protein. Karena kekurangan protein, tubuh akan mengambil protein yang ada pada rambut, yang akhirnya akan membuat rambut menjadi rontok dan semakin tipis. Walaupun sedang dalam program diet, sebaiknya kamu tetap menghitung dan memenuhi asupan gizi yang kamu butuhkan setiap harinya. Makanan yang kaya akan protein seperti ikan dan kacang-kacangan, akan menjaga rambut kamu tetap tebal dan terhindari dari masalah kerontokan.

Baca Juga :  Peran Perempun Muslimah Dalam Meningkatkan Jiwa Sosial Entrepreneut

Salah saat mengeringkan rambut

Saat dalam keadaan basah, kutikula rambut akan membesar sehingga lebih memperbesar kemungkinan rambut patah dan rontok. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat mengeringkan dan menyisir rambut. Sebaiknya hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya terlalu kencang menggunakan handuk. Hal tersebut akan menimbulkan gesekan pada rambut dan handuk yang bisa merusak kutikula rambut. Cukup mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk rambut dengan lembut, lalu membungkusnya menggunakan handuk.

Mengikat rambut terlalu kencang

Menguncir rambut dengan kencang akan memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut, yang tentunya tidak baik bagi kesehatan folikel rambut. Bahkan tekanan berlebih pada folikel bisa menimbulkan luka yang bisa menimbulkan kerusakan secara permanen dna membuat rambut tidak akan tumbuh lagi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengikat rambut terlalu sering dan kencang, terutama saat tidur. Mengikat rambut saat rambut masih dalam keadaan basah juga tidak disarankan, karena akan memicu tumbuhnya jamur yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

Menggaruk kepala

Rasa gatal yang muncul pada kulit kepala terkadang membuat tangan kita tidak sabar untuk menggaruknya. Namun kebiasaan tersebut justru bisa menjadi penyebab kerontokan rambut lho, Toppers. Menggaruk kepala akan menimbulkan kerusakan pada kutikula yang akhirnya juga memicu terjadinya kerontokan rambut.

Jika kulit kepala terasa gatal, lebih baik kamu mencari penyebab dari rasa gatal tersebut agar kamu bisa menanganinya dengan cara yang tepat. Bila rasa gatal tersebut disebabkan oleh ketombe, keramaslah dengan shampo yang mengandun zinc, selenium, tea tree oil dan bahan lain yang bisa menghilangkan jamur penyebab ketombe.

Jarang atau terlalu sering keramas

Jarang keramas akan membuat jamur tumbuh subur di kulit kepala, yang membuat rambut lebih mudah rontok. Selain itu, jamur yang menumpuk pada kulit kepala juga dapat menyumbat folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut pun terhambat.

Baca Juga :  Ini Loh Dampak Negatif Dan Positif Dari Home Schooling Bagi Anak

Terlalu sering keramas pun juga tidak baik untuk kesehatan rambut karena dapat menurunkan produksi minyak alami pada rambut. Akhirnya rambut pun akan menjadi kering dan lebih mudah rontok. Oleh karena itu, cukup keramas 1 kali sehari saja, tidak perlu keramas setiap kamu mandi.

Menyisir dari atas ke bawah

Kebiasaan ini mungkin merupakan hal yang paling sering kamu lakukan. Mungkin terlihat sepele, namun menyisir rambut dari atas ke bawah justru akan semakin memperparah kerontokan rambut yang kamu alami, terutama saat rambut kusut. Sebaiknya sisir rambut bagian bawah terlebih dahulu hingga tidak kusut lagi, kemudian barulah sisir dari atas. Selain itu, hindari pula menyisir rambut saat rambut masih dalam keadaan basah. Keringkanlah terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan.

Merokok

Selain mengganggu kesehatan tubuh seperti jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Hal ini karena merokok akan menyebabkan sirkulasi pada pembuluh darah menjadi tidak lancar sehingga produksi darah ke folikel rambut menjadi terhambat pula.

Stres

Biasanya rambut akan mulai rontok dan menipis saat kamu mengalami tekanan dan stres. Keadaan ini bahkan terjadi lebih parah pada pria. Pada saat pria mengalami stres, produksi hormon pun akan meningkat, terutama hormon testosteron dan dehidrotestosteron. Kedua hormon tersebut akan meresap ke batang rambut dan menyebabkan penipisan. Pada akhirnya rambut menjadi rusak dan rontok, bahkan bisa menyebabkan kebotakan permanen.