Beranda Berita Terkini Polisi Tangkap Maling Motor di Tangsel, Modus Cari Alamat

Polisi Tangkap Maling Motor di Tangsel, Modus Cari Alamat

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Seorang pria ditangkap warga setelah melakukan pencurian motor di Perumahan Arinda Permai 2, Kelurahan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Pelaku mencuri motor dengan modus pura-pura mencari alamat.

Kapolsek Pondok Aren Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan pencurian tersebut terjadi pada Rabu (1/11) sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu, korban bernama Sardiyan sedang membetulkan talang air di rumah Wasiyem.

“Pagi itu, korban Sardiyan tengah berada di atas rumah Wasiyem, warga perumahan yang meminta talang airnya diperbaiki,” kata Bambang dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Saat itu Sardiyan meninggalkan motornya di depan rumah Wasiyem. Sadiyan memarkirkan kendaraannya dalam keadaan kuncinya masih menempel di motor.

Pura-pura Cari Alamat

Di saat bersamaan, pelaku datang ke wilayah tersebut dan berpura-pura mencari alamat.

“Laki-laki ini mengaku masih keluarga Bapak Arifin. Namun Bapak Arifin sekarang sudah tidak tinggal di Perumahan Arinda 2,” paparnya.

Pelaku juga mendatangi rumah Wasiyem. Ia mengaku mengenal anak Wasiyem.

“Karena laki-laki itu juga mengaku kenal dengan anak Wasiyem sang pemilik rumah, maka Wasiyem memintanya untuk menunggu di teras rumah,” tuturnya.

“Nah, ketika Sardiyan datang dan naik ke atas genteng untuk memperbaiki talang air, saat itulah laki-laki tersebut membawa kabur sepeda motor korban yang kuncinya masih menyantol itu,” tambahnya.

Pelaku Ditangkap Usai 2 Jam

Setelah kehilangan motor tersebut, Sardiyan lalu lapor polisi. Informasi pencurian ini kemudian tersebar melalui radio HT Pokdar Kamtibmas seluruh kelurahan di Kecamatan Pondok Aren, lengkap dengan ciri-ciri kendaraan dan pelaku yang sempat terekam kamera CCTV.

“Ketika ada kendaraan dengan ciri-ciri yang sama melintas, Pokdar Kamtibmas tersebut langsung memancarkan lokasi pergerakan kendaraan dan tersangka pelaku. Saat itulah tim Opsnal Buser langsung hunting ke lokasi yang dituju dan pelaku berhasil ditangkap hanya dalam waktu kurang dari 2 jam,” tuturnya.

Baca Juga :  Pertama di Indonesia, Kerjasama Pencegahan Tindak Pidana Korupsi antara Pemprov Banten dan Kejati Banten

Informasi akurat dari masyarakat dan respons cepat jajarannya itu mendapat apresiasi dari Kapolsek Pondok Aren Kompol Bambang Askar Sodiq.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa masyarakat sudah kompak dan Tiga Pilar Kamtibmas solid.

“Saya apresiasi ke tim Opsnal dan Bhabinkamtibmas Babinsa serta Pokdar Kamtibmas yang langsung quick respons terhadap laporan masyarakat dan langsung mengungkap kasus,” pungkasnya. (Red)