Beranda Berita Terkini Kreatif dan Unik Pemilihan Ketua RT di Kelurahan Sawah lama Kecamatan Ciputat...

Kreatif dan Unik Pemilihan Ketua RT di Kelurahan Sawah lama Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan

BERBAGI

Kota Tangerang Selatan – Pemilihan Ketua RT.003/RW.012 di Kelurahan Sawah lama, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan biasanya cendrung jarang diminati warga, karena pada umumnya, pemilihan ketua RT dipilih langsung dari anggota masyarakat melalui musyawarah tanpa adanya pesta demokrasi layaknya pemilu.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi warga Sawah lama RT.003/RW.012, Kec. Ciputat, Kota Tangsel. Minggu (07/08/2022). Pasalnya, euphoria pesta demokrasi mengantarkan warga Sawah lama RT.003/RW.012, Kec. Ciputat, Kota Tangsel untuk melaksanakan pemilihan Ketua RT rasa pemilu.

Panitia pemilihan RT bapak Suratman mendesain pemilihan layaknya seperti pemilu supaya berbeda dari pemilihan RT yang sebelum-sebelumnya, serta supaya warga di lingkungan RT setempat dapat berpartisipasi langsung dalam menentukan calon pemimpin di lingkunannya guna mengatur roda pemerintahan paling dasar di negeri ini.

Bapak suratman menyampaikan Rukun Tetangga (RT) adalah pembagian wilayah di bawah Rukun Warga. Rukun Tetangga merupakan kepanjangan lidah dari pemerintahan kelurahan yang mana pembentukannya melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Kelurahan. Rukun Tetangga dipimpin oleh Ketua RT yang dipilih oleh warganya. Sebuah RT terdiri atas sejumlah rumah atau KK (kepala keluarga). Dalam sistem birokrasi di Indonesia, biasanya RT (Rukun Tetangga) berada di bawah RW (Rukun Warga).

Rukun tetangga merupakan organisasi masyarakat yang diakui dan dibina oleh pemerintah untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan kegotongroyongan dan kekeluargaan serta untuk membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di desa dan kelurahan. Setiap RT sebanyak-banyaknya terdiri dari 30 KK untuk desa dan sebanyak-banyaknya 50 KK untuk kelurahan yang dibentuk.

Dilanjut dengan sambutan ketua RW 12 bapak Suheri (icang) sekaligus ketua panitia pemilihan RT, menyampaikan Yang saya hormati bapak-bapak dan ibu-ibu warga RT 03 RW 12 puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala nikmatnya baik nikmat Iman nikmat Islam maupun nikmat sehat sehingga kita semua masih dapat berkumpul untuk menghadiri acara pemilihan ketua RT di lingkungan RT 03 RW 12 kita curahkan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam beserta sahabat dan keluarganya dan semoga kita sebagai berikutnya mendapatkan amin amin ya rabbal alamin.

Baca Juga :  Wakil Walikota Hadiri Pelantikan Asosiasi Umkm Tangsel

Dalam sambutannya suheri mengucapkan apresiasi kepada bapak RT Wagio beserta ibu yang selama ini telah memimpin RT 03 RW 12 dengan sangat baik beliau memimpin RT 03 sudah 3 periode dari tahun 2012 sampai dengan 2022 ini beliau bekerja sangat baik dan sangat mulus untuk membangun lingkungannya dan saya juga banyak belajar dari beliau dari zaman almarhum orang tua dan sangat dekat dengan almarhum kita doakan semoga Bapak RT wajib beserta ibu selalu diperlihatkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan segala amal ibadah yang telah beliau lakukan selama mengurus warga dan lingkungan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan juga saya akan memperkenalkan buat calon penerus generasi di RT 03 RW 12 dan saya sangat bersyukur bahwa di RT 03 RW 12 ini ada pencetus atau generasi muda yang bersedia menjadi ketua RT di lingkungan RT 03 RW 12 ini saya sangat mengapresiasi keberanian sahabat-sahabat saya ini untuk membangun dan memimpin di lingkungan RT 03 RW 12 ini mudah-mudahan lihat daripada sahabat-sahabat ini murni karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala ingin beribadah kepada Allah subhanahu wa taala dan membangun lingkungan RT 03 RW 12 yang lebih baik lagi yang sebelumnya sudah dipimpin oleh Bapak RT Bapak S. Wagiyo dengan sangat baik sekali baik langsung akan memperkenalkan dua calon kita ini yang pertama yaitu bapak Aris beliau itu kelahiran Jakarta 6 April 1983 beragama Islam jenis kelamin laki-laki pendidikan terakhir sekolah pariwisata beralamat di jalan roda nomor 54 RT 003 RW 12 dan alhamdulillah pencalonan beliau ini sangat didukung oleh istrinya yaitu Fitri dan yang kedua yaitu saudara Iwan Jumadi kelahiran Jakarta 6 Maret 1987 agama Islam jenis kelamin laki-laki pendidikan terakhir S1 beralamat di Jalan Parkit 2 nomor 55 RT 03 RW 12 Tangerang saya ucapkan terima kasih kepada kedua calon yang bersedia mencalonkan diri sebagai ketua RT di 03 RW 12 apapun nanti hasilnya saya harapkan diterima dengan baik dan ini murni karena niat untuk membangun untuk lingkungan RT 03 RW 12 yang lebih baik lagi dan saya harapkan juga ini menjadi contoh untuk para pemuda yang lain berani tampil di lingkungan RW 12 seperti yang sudah dicontohkan oleh sahabat kita saudara aris dan saudara iwan . ujarnya

Baca Juga :  Ormas FKLPDK Alihkan Dukungan Dari Prabowo ke Ganjar Mahfud MD pada Pilpres 2024

Ketua RT terpilih Iwan Jumadi no urut 2 sebagai ketua RT 003 RW 012 kel sawah Ciputat Tangsel
Dalam sambutan nya ketua RT,003 yang terpilih bapak IWAN JUMADI menyampaikan, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya masih sedikit berat ini pembelajaran buat saya juga yang terhormat bapak masyarakat yang terhormat Bapak RT dari RT 2 RT 4 dan RT 5 Alhamdulillah sudah berkenan hadir Bapak Haji puji syukur marilah kita panjatkan kepada hadirat karena atas nikmat iman Islam Hikmat sehat sehingga kita dapat hadir di acara yang mulia ini shalawat serta salam Mari kita panjatkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam karena atas berkat beliau kita dapat menuju dari zaman bahagia sekarang menjadi zaman yang begitu enak kita hanya tinggal menikmati saja jadi biasa-biasa beliau sangatlah penting untuk kita semua terutama umat Islam saya enggak nyangka ya bisa seperti ini benar-benar ditanyakan bisa menjabat sebagai RT ini bisa jadi ujian buat saya ya bisa jadi keberkahan buat saya juga enggak akan bisa berjalan tanpa dukungan dari bapak-bapak ibu-ibu terutama Apalagi saya ini masih muda kurang banyak pengalaman dan butuh bimbingan kan dari bapak bapak dan ibu-ibu terutama yang ada di sini.

Lanjutnya, menjalankan roda roda RT 03 RW 012 untuk menjadi lebih mungkin saya yakin dengan kerjasamanya ya kita bisa menjadi yang lebih baik kita itu kecil dibandingkan dengan RT yang lain terhitung jalan pun enggak bakal pegel beda agama RT 5 ada 1 dengan Solid semangat anak-anak bukan di belakang bener enggak di belakang berarti kita harus di depan Saya minta bantuan kita enggak akan jalan Kalau saya sendiri saya butuh bapak-bapak dan ibu-ibu sedikit bingung misi saya pertama menjaga kerukunan antar warga khususnya warga RT 03 melayani dalam hal administrasi kependudukan warga dalam kegiatan sosial bersama-sama seluruh warga menjaga keamanan dan kebersihan menjalin kerjasama Semoga dengan kita bikin lagi program kerja untuk RT 003 saya Yakin semakin bisa lebih baik lagi baik saya perlu banyak belajar dari beliau mungkin saya minta arahannya mungkin Ibu bisa bantu istri saya dalam kegiatan-kegiatan sosial dan saya menganggap ini suatu amanah bantu saya untuk menjalankan Amanah ini Apabila apa dalam perjalanannya waktu Apa rasa kurang baik atau gimana ngomong ke saya ngomong istri saya kita rembukan.

Baca Juga :  Mahasiswa Unpam Tanamkan Rasa Tanggung Jawab Sosial dan Kesadaran Akan kesehatan Dimasa Pandemi

“Ketika saya tidak bisa menjalankan ini sudah diomongkan dengan cara ini tetap tidak bisa saya besok untuk mundur tapi saya akan tetap berusaha untuk menjadi yang lebih baik baik terima kasih kepada panitia yang telah memproses pemilihan dengan cara jujur dan adil Terus terang saya enggak nyangka ya kayak begini saya juga tidur enggak mimpi apa-apa dan ini sangat-sangat singkat pemilihan ini saya di calonkan dan saya bisa menang takdir saya memang seperti ini takdir yang harus saya jalankan Mohon doanya dari bapak-bapak dan ibu-ibu mohon bantuannya dari teman-teman remaja untuk menjalankan ini”. Ungkapnya (Hasan)