Beranda Berita Photo Mahasiswa Unpam Tanamkan Rasa Tanggung Jawab Sosial dan Kesadaran Akan kesehatan Dimasa...

Mahasiswa Unpam Tanamkan Rasa Tanggung Jawab Sosial dan Kesadaran Akan kesehatan Dimasa Pandemi

BERBAGI

Beritatangsel.com — Pandemi Covid-19 sudah melanda di berbagai Negara bahkan sudah masuk ke Indonesia selama 2 tahun ini mengakibatkan semua orang merasa cemas baik secara Fisik, Psikis maupun Materi.

Pemerintah sudah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Namun kita tetap harus mematuhi Protokol Kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu 5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas) untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Akan tetapi kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan masih ada yang mengabaikan, Oleh sebab itu di sinilah peran penting untuk menerapkan Tanggung Jawab masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Sosial dan Kesadaran Akan Kesehatan di Masa Pandemi di Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa Mizan Amanah, Jalan Ki Hajar Dewantara No. 66, Kelurahan Sawah Lama, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413, Pada Minggu (17/10/2021).

Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang yang diketuai oleh Elsa dwiyana, yang didampingi oleh Ayu Widyaningsih, Abdul Rozak dan Dwiki Arif Ramadan serta dibimbing langsung oleh Bpk Tri Haryanto, S.E., S.Pd., M.M., CT selaku Dosen Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang bersama Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa Mizan Amanah.

Kegiatan PKM ini direspon dengan baik oleh Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa Mizan Amanah yang diawali dengan sambutan dari perwakilan Ketua tim PKM kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dosen Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dan perwakilan dari Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa Mizan Amanah.

Baca Juga :  Terungkap! Ini Penjelasan Rektor Tentang Aturan Baru Unpam yang Kontroversial

PKM ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Pamulang yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang apa itu tanggung jawab disaat masa pandemi dan seberapa pentingnya harus menyadari akan kesehatan itu sangat penting untuk tubuh kita di masa pandemi ini.

Serta memberikan materi tentang ciri – ciri tubuh seseorang yang sudah terkonfirmasi positif virus Covid-19, dengan memberikan pemahaman cara pencegahan dan cara mengobati jika sudah terpapar Covid-19.

Aalah satu cara menerapkan tanggung jawab serta kesadaran akan kesehatan di masa pandemi ini bisa dilakukan dengan cara memiliki rasa simpati serta empati terhadap keadaan sekitarnya, seperti, mencuci tangan, memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak serta melakukan pola hidup sehat berupa makanan dan minuman 4 sehat 5 sempurna, istirahat yang cukup, serta melakukan olahraga yang teratur, dengan cara ini maka Anak – Anak Panti Asuhan akan terbiasa melakukan di kehidupan sehari – hari.

Bukan hanya saja materi yang disampaikan, Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang juga memberikan praktek secara langsung cara pembuatan Hand Sanitizer secara bersama-sama dengan Anak-Anak Panti Asuhan.

Perwakilan Yayasan Panti Asuhan & Dhuafa Mizan Amanah sangat mengapresiasi kegiatan PKM yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang luas dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

Selama kegiatan PKM berlangsung Mahasiswa/i dan Anak – Anak Panti Asuhan mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak serta menjaga kebersihan.

Mahasiswa/i Program Studi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang berinisiatif mengadakan permainan untuk Anak – Anak Panti Asuhan tentang materi yang sudah sampaikan secara umum akan mendapatkan Gift / Hadiah berupa alat – alat tulis sekolah.

Baca Juga :  Jeruk Limau Menggiurkan

Di akhir kegiatan juga memberikan sumbangan berupa Masker, Hand Sanitizer dan Vitamin untuk kebutuhan Anak-Anak Panti Asuhan di masa pandemi Covid – 19 ini mendukung kegiatan program Pemerintah.

(Red/Alan Pratama)