Beranda Nasional Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak, Mahasiswa Universitas Pamulang Kenalkan Permainan Tradisional di Taman...

Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak, Mahasiswa Universitas Pamulang Kenalkan Permainan Tradisional di Taman Baca Kebun Literasi

BERBAGI

Beritatangsel.com — Sebagai negara yang mempunyai wilayah yang luas, Indonesia memiliki berbagai kebudayaan yang sangat banyak, salah satu bentuk kebudayaan tersebut adalah permainan tradisional.

Permainan tradisional tersebut merupakan aktivitas bangsa yang menduduki tempat penting dalam kehidupan masyarakat dan merupakan sumber daya yang amat besar serta mempunyai nilai dalam menanamkan sikap dan keterampilan.

Permainan tradisional merupakan wadah kegiatan anak-anak sebagai hiburan ataupun penyaluran kreativitas diwaktu luang dan sebagai sarana sosialisasi. Meski ironis, tak bisa dimungkiri eksitensi permainan tradisional sudah mulai kehilangan peminat. Pasalnya, tidak sedikit anak-anak di zaman sekarang malas untuk melakukan permainan di luar rumah.

Mereka cenderung lebih menikmati bermain gawai ketimbang bermain permainan tradisional. Hal ini membawa dampak buruk, satu di antaranya membuat jiwa sosial anak-anak zaman sekarang menjadi lebih rendah.

Menyikapi hal tersebut, Mahasiswa/i Universitas Pamulang tergerak untuk melakukan kegiatan sosialisasi tentang pengenalan permainan tradisional kepada anak-anak untuk mengembangkan kreativitas dan mengurangi penggunaan gawai.

Baca Juga : Kelompok PMKM Universitas Pamulang Edukasi Finansial dan Pelatihan Mengelola Keuangan Sebagai Tindakan Preventif Untuk Masa Depan

Melalui kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM), Mahasiswa/i Prodi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak agar dapat mempertahankan budaya dan meningkatkan jiwa kepemimpinannya bersama 20 anak-anak Taman Baca Kebun Literasi.

Photo by Yulia Chrismonika Wandari

Kelompok yang diketuai Dian Nurmala dan didampingi Dimas Indra Piyatmoko, Serly Yuliani, dan Yulia Chrismonika Wandari yang didampingi langsung oleh Ibu Ratih Qadarti Anjilni, S.E., M.Ak selaku dosen pembimbing laksanakan secara langsung atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Taman Baca Kebun Literasi Cinangka Sawangan Depok.

Baca Juga :  Unit Lalu Lintas Polsek Pagedangan Himbau Kepada Masyarakat Agar Periksa Kendaraan Yang Hilang Dipolsek Setempat

Dana Idham Sahputra, Perwakilan Taman Baca Kebun Literasi sangat mengapresiasi kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi S1 Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dengan harapan semoga dengan cara ini, anak-anak dapat belajar tentang permainan tradisional di taman baca taman literasi, menggunakannya sebagai hiburan sehari-hari, dan dapat mengurangi penggunaan gawai (ponsel).

Artikel : Kelompok Mahasiswa/i PMKM Universitas Pamulang