Beranda agama Kelompok PMKM Universitas Pamulang Edukasi Finansial dan Pelatihan Mengelola Keuangan Sebagai Tindakan...

Kelompok PMKM Universitas Pamulang Edukasi Finansial dan Pelatihan Mengelola Keuangan Sebagai Tindakan Preventif Untuk Masa Depan

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Mahasiswa Universitas laksanakan Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM).

Kegitan yang diusung Mahasiswa Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi S1 Akuntansi merupakan kewajiban berdasarkan pada Tridharma Perguruan Tinggi, Dimana Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma sesuai UU No. 12 Tahun 2012 Pasal 1 Ayat 9.

Kelompok PMKM yang beranggotakan 4 Mahasiswa yang diketuai Elfa Suci Ningsih didampingi Kisti Tamamah, Merli Mardiyanti dan Pratiwi Putri Andriyani serta dibimbing langsung oleh Ibu Desy Purwasih, S.E., M. Ak. Selaku Dosen pembimbing yang dilaksanakan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Pondok Pesantren Raudhotul Huffazh Kel. Pondok Cabe Udik, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Dengan mengusung tema “Edukasi Finansial dan Pelatihan Mengelola Keuangan Sebagai Tindakan Preventif Untuk Masa Depan Pondok Pesantren Raudhotul Huffazh.” Kelompok PMKM Universitas Pamulang juga mengajak agar anak-anak dapat membiasakan menabung / menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan.

Kurangnya Edukasi dalam mengelola penggunaan uang, Mahasiswa/i Universitas Pamulang memberikan pemahaman mengenai cara mengelola keuangan sebagai tindakan Preventif dimasa depan pada Santri guna mencegah sifat pemborosan keuangan pada anak-anak Pondok Pesantren Raudhotul Huffazh.

Baca Juga : Kelompok PMKM Universitas Pamulang Adakan Penyuluhan Produk Perbankan Syariah di Pondok Pesantren Raudhotul Huffazh

“Simpanlah sebagian dari hartamu untuk kebaikan masa depan kamu. Karena itu jauh lebih baik bagimu” (HR. Bukhari)

Artinya menabung merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk dirinya  dimasa depan. Dengan di terapkannya perilaku menabung sejak dini pada anak-anak di Pondok Pesantren terbiasa menabung dan menghemat keuangan mereka.

Kegiatan menabung ini dapat dilakukan dengan menyisihkan uang jajan santri dan memasukan sisa uang jajan tersebut ke dalam celengan yang sudah kami sediakan.

Baca Juga :  Ratusan pengemudi Ojek Online (Go-Jek) Mendatangi Rumah Zulkafli dan istrinya Nur Aini yang Menjadi korban Kecelakaan Maut

Manfaat menabung yaitu membiasakan diri untuk tidak boros, memiliki uang yang dapat digunakan diwaktu yang akan datang, mampu membeli sendiri kebutuhan atau keinginan kita.

Dengan menerapkan kebiasaan menabung diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada anak sebagai berikut:

  1. Anak diajarkan sejak dini untuk belajar mengatur keuangan
  2. Anak diajarkan skala prioritas mana yang penting dan tidak penting
  3. Anak diajarkan untuk lebih menghargai uang
  4. Anak diajarkan sifat mandiri dan konsisten untuk dapat mencapai suatu keinginan

Di penghujung acara, Jaenal Rizki menyampaikan, “ Tujuan dari kegiatan yang kami lakukan adalah mengedukasi peserta tentang pentingnya menabung dengan kuis yang mengasah ingatan Santri Pondok Pesantren mengenai pentingnya menabung seperti yang sudah dijelaskan pada materi sebelumnya.” Dan dilanjutkan dengan pemberian Cinderamata dan sesi foto bersama sebagai tanda berakhirnya kegiatan.

Artikel : Kelompok PMKM Universitas Pamulang