Beranda Berita Photo Meningkatkan Kemampuan Membuat Konten, Dosen Unpam Gelar Pengabdian kepada Masyarakat

Meningkatkan Kemampuan Membuat Konten, Dosen Unpam Gelar Pengabdian kepada Masyarakat

BERBAGI

Beritatangsel.com — Salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara rutin tiap semester. Untuk itulah tim dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang menggelar kegiatan PkM di sebuah sekolah berbasis pesantren yaitu SMP Islam Budaya di daerah Sawangan, Kota Depok.

Seperti diketahui pada era sekarang ini semua kalangan bisa mengakses berbagai media sosial melalui inernet. Sayangnya, banyak beredar konten-konten di internet atau aplikasi jejaring sosial yang kurang bermanfaat, misalnya konten yang bermuatan hoax atau menjurus ke pornoaksi.

Hal tersebut bisa berakibat penggunanya ikut terpapar pemikiran dan kegiatan yang tidak bermanfaat pula. Sehingga dirasa perlu adanya pengganti konten yang lebih berdaya guna dan mendidik.

Untuk itu dirasa perlu untuk memberikan pengetahuan dalam membuat atau mendesain isi konten kepada para peserta, Atas dasar hal inilah PkM diadakan dengan tujuan utama agar para siswa diharapkan menjadi pionir pembuat konten bermanfaat dengan nilai dan tujuan yang mengajak kepada kebaikan.

PkM yang diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2021 itu meliputi beberapa kegiatan yaitu sosialisasi, penyuluhan, dan praktik pembuatan konten dengan menggunakan aplikasi Canva. Beberapa dosen yang terlibat diantaranya Khaerul Ma’mur, S.Kom., M.Kom., Anis Mirza S.Kom., M.Kom., Resmi, S.Kom., M.Kom., Drs. Muhammad Rosyid Ridlo, M.Eng., dan M. Rizki Akbar, S.Kom., M.Kom.

Pada kesempatan tersebut hadir dan memberi sambutan Ibu Sri Wulandari, S.Pd.I. sebagai Wakil Kepala Sekolah. Kegiatan PkM ini diharapkan menjadikan siswa lebih dapat mengembangkan hard skill tentang pembuatan konten berbasis gambar dan desain. Serta dapat mengikuti kegiatan dengan serius, tuturnya.

Penyampaian materi oleh Anis Mirza sebagai narasumber

Pemaparan materi disampaikan oleh Anis Mirza yang dalam hal ini menjelaskan penggunaan aplikasi Canva sebagai sarana desain dan editing konten yang paling mudah untuk berbagai platform media sosial. Pemaparan materi disampaikan secara praktis. “Salah satu keunggulan Canva yaitu dapat membuat konten dengan banyak fitur yang sangat mudah digunakan. Banyak pilihan template yang mudah di ubah, dan tentunya kita dapat menggunakan secara gratis.” Papar Anis Mirza, S.Kom., M.Kom.

Baca Juga :  Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Lakukan PKM Edukasi "Sistem Perawatan Pompa Dalam Struktur Hidroponik Bertenaga Kincir Angin" Di Pondok Pesantren Nurul Ihsan Kota Tangerang Selatan

Para peserta sangat antusias saat mengikuti paparan materi selama kegiatan PkM ini. Jika terlihat ada yang mengantuk maka diselingi dengan ice breaking dan quiz untuk membagikan doorprize. Para peserta sebagian besar berharap bisa dilaksanakan kembali pada kesempatan mendatang. Kegiatan kemudian diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab serta foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Artikel : Mahasiswa PkM Universitas Pamulang