Beranda Berita Photo Mau Pola Hidup Sehat? Yuk Ikuti 8 Tips Ini

Mau Pola Hidup Sehat? Yuk Ikuti 8 Tips Ini

BERBAGI

Pondok Aren, BeritaTangsel.com– Setiap orang mengatakan sehat itu mahal, justru sehat itu murah, sakitnya yang mahal. Oleh karena itu, kesehatan sangat penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum sakit.

Banyak penyakit dari berbagai sumber gaya hidup yang buruk dari diri sendiri.Jika kebiasaan buruk tersebut kamu lakukan terus menerus, maka penyakit berbahaya menyerang seperti kanker, diabetes, dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah sekali untuk memasuki tubuh kita.

Tapi tak perlu cemas, kali ini ada beberapa tips gaya hidup sehat yang luar biasa dari para pakar kesehatan. Penasaran kan bagaimanakah cara hidup sehat itu? Berikut langkah-langkah untuk menjalani gaya hidup sehat yang wajib dilakukan saat ini.

1. Ketahui kondisi kesehatan diri sendiri saat ini

Survei mengatakan hampir 70 % lebih orang akan merubah gaya hidupnya setelah terkena sakit. Apakah kamu juga demikian? Ini langkah yang salah dan harus kamu ubah mulai detik ini.

Periksa diri sendiri ke dokter sebelum sakit, tidak hanya berguna untuk memantau kesehatan saja, Tetapi juga berguna supaya dokter bisa menangani penyakit tertentu yang mungkin berbahaya bagi diri kamu di kemudian hari nanti.Oleh sebab itu, luangkan waktu secara berkala untuk konsultasi ke dokter.

2. Lakukan kegiatan fisik (olahraga)

Apakah kamu sering melakukan kegiatan olahraga? Atau justru aktivitas sehari-harimu didominasi hanya dengan duduk mengetik di depan komputer sepanjang hari tanpa aktivitas fisik?

Para pakar kesehatan mengusulkan agar kamu melakukan olahraga fisik minimal 75 menit setiap minggunya dan mengencangkan otot setidaknya dua hari selama sepekan.Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa membantumu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Seperti jogging, senam, sepeda santai, dan sebagainya. Pilihlah kegiatan olahraga yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.

Baca Juga :  Seorang Santri di Kampung Koceak Dibacok 3 Orang Tidak Dikenal

3. Pilihlah makanan yang tepat

Setiap orang pasti seringkali mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Yup, menu tersebut sudah diteliti oleh para pakar kesehatan, dan dinyatakan sebagai makanan sehat dengan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Mulai dari kandungan vitamin, protein, serat, sampai mineralnya.

Memilih makanan yang sehat hukumnya wajib, baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, menjalani gaya hidup sehat, ataupun menambah berat badan. Beberapa rekomendasikan makanan sehat antara lain:

  • Makanan sumber vitamin A
  • Makanan sumber vitamin B
  • Makanan sumber vitamin C
  • Makanan sumber vitamin D

4. Hindarilah kebiasaan buruk

Disamping memilih makanan yang tepat, kamu juga harus menghindari kebiasaan buruk agar agar hidup sehat bisa terwujud dengan baik.Beberapa aktivitas buruk yang wajib dihentikan seperti merokok, minum alkohol, konsumsi makanan manis, berlemak, begadang, dsb.

5.Mengelola stres

Kerja dari pagi sampai malam tentunya membuat stres tak terhindarkan, apalagi kalau kerjaan di kantor menumpuk. Jika tidak bisa mengendalikan stres dengan baik kondisi semacam ini akan sangat mudah menyebabkanmu depresi.

Untuk mengelola stres sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu tempuh. Misalnya kamu bisa mengambil waktu luang untuk berileksasi, yoga, melakukan meditasi, atau bahkan menjalani hobi yang belakangan ini jarang dilakukan lantaran sibuk kerja.

 

6.Istirahat cukup dan teratur

Para pakar kesehatan menyarankan agar kamu tidur minimal 8-9 jam sehari. Istirahat cukup merupakan kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Karena itu, mulai sekarang jangan suka begadang yah.

Selain mencukupi waktu tidur minimal 8 jam, kamu wajib tidur secara teratur. Usahakan tidur dan bangun dengan jam yang sama setiap harinya. Ini sangat penting agar tubuh lebih siap kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja.

Baca Juga :  Atlet Cantik Asal Tangsel Raih Medali Skate Asia 2018 Thailand

7. Perbanyak minum air putih

Hampir 80% cairan ada di tubuh kita. Kekurangan cairan juga bisa menyebabkan munculnya dehidrasi yang pada akhirnya adalah penyakit. Sebelum tubuh sakit, lebih baik penuhi cairan tubuh dengan meningkatkan jumlah konsumsi air putih.

Sebuah penelitian di Chicago University membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi minimal 8-10 gelas air, memiliki sistem kekebalan tubuh lebih baik dari pada yang jarang mengonsumsinya. Dengan demikian, air putih dapat meningkatkan imun tubuh terhadap serangan penyakit.

8.Menjaga kebersihan

Bakteri dan virus adalah penyebab penyakit yang banyak berkembang di tempat yang kotor. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin bisa menjadi pola hidup sehat yang paling ampuh.

Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi seusai makan, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya.(*)

(HDP)