Beranda Berita Photo Wakil Walikota Tangerang : Atasi Banjir Masyarakat Harus Bersinergis Dengan Pemerintah

Wakil Walikota Tangerang : Atasi Banjir Masyarakat Harus Bersinergis Dengan Pemerintah

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangsel.com – Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin meninjau titik-titik banjir di Kota Tangerang, Minggu (25/9/2106). Lokasi yang dikunjungi adalah Perumahan Ciledug Indah I dan II, Kelurahan Pedurenan dan Perumahan pondok Bahar, Kelurahan Pondok Bahar, Kecamatan Karang Tengah. Pada tinjauan itu, Wakil Walikota di dampingi Camat dan lurah setempat.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan, persoalan banjir di Kota Tangerang yang juga menjadi persoalan di kota lain, bisa tertangani,” ujar Sachrudin.

Untuk itu, Ia mengimbau kepada masyarakat agar bisa lebih pro-aktif, dengan kembali menggalakkan kerja bakti di lingkungan masing-masing, guna mencegah bencana banjir dan menyebarnya bibit penyakit.

“Saluran air jangan lupa dibersihin secara rutin, sehingga tidak tersumbat, jadinya banjir bisa dicegah, bibit penyakitpun musnah,” pesan Sachrudin kepada warga saat meninjau titik banjir.

Selain itu, Wakil Walikota juga memaparkan, bahwa sejauh ini Pemkot juga telah mengantisipasi bencana banjir dengan mendirikan posko pengungsian, termasuk posko kesehatan.

“Logistik, posko kesehatan sudah standby, kita sudah antisipasi, tinggal masyarakat agar bisa membangun kebersamaan dan komunikasi,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bimasda, Taufik Syakzeni, Mengatakan, Sejumlah personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Tangerang, terus berupaya menanggulangi banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kota Tangerang.

“Kita kerahkan sebanyak 55 personel untuk menangani persoalan banjir kali ini,” ujar Taufik.

Selain itu, Taufik juga menyebut bila pihaknya telah mengerahkan hingga delapan  pompa untuk membantu penanganan banjir.

“Kami juga telah menganggarkan dana pada ABPD Perubahan, untuk menambal beberapa turap yang bocor,” kata Taufik.

Taufik menambahkan, untuk penanganan turap di wilayah Pondok Bahar dan sekitarnya, akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. Itu mengingat turapnya yang mengerjakan pusat.

Baca Juga :  Pemkot Tangerang Gelar Bazar Murah Ramadhan di 13 Kecamatan

Di lokasi yang sama lurah Pondok Bahar Buchori SH mengatakan, untuk menangulangi banjir butuh dukungan semua pihak dalam penanganan masalah banjir ini. Pemerintah sendiri sedang membenahi drainase dan turap dalam penanganan masalah banjir ini.

“Partisipasi masyarakat agar sadar lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan juga adalah hal yang paling utama,” jelas Buchori .

Pembenahan daerah rawan banjir khususnya di Perumahan Pondok Bahar, menurut Buchori, dilakukan secara parsial dan simultan. “kedepannya pemerintah akan meningkatkan pengawasan terhadap pembangunan yang dilakukan di Kota Tangerang. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pengrusakan lingkungan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja yang bisa menyebabkan bencana banjir,” ujar Buchori. (Putra)