Beranda Berita Terkini Kondisi Sampah di Pasar Ciputat Menjadi Keluhan Pedagang: Petugas Kebersihan Kurang Responsif

Kondisi Sampah di Pasar Ciputat Menjadi Keluhan Pedagang: Petugas Kebersihan Kurang Responsif

BERBAGI

Tangerang Selatan, Beritatangsel.com- Ribuan sampah menumpuk di depan lapak pedagang di Pasar Ciputat, menciptakan bau tak sedap dan masalah kebersihan yang mengganggu pedagang dan pembeli. Pedagang mengeluhkan kurangnya respons petugas kebersihan yang jarang mengangkut sampah, sementara koordinator kebersihan tampak absen.

Menurut Ucok, salah satu pedagang, keluhan tentang keberadaan sampah dan belatung di pasar telah disampaikan kepada kepala pasar, namun upaya penanganan tampak mandek. Dia juga menyoroti jarangnya kehadiran koordinator kebersihan, kecuali saat mengumpulkan pembayaran gaji dari pedagang.

Ketidakhadiran koordinator kebersihan yang kontras dengan keseriusan dalam mengelola pendapatan pedagang menimbulkan kekesalan di kalangan pedagang. Meskipun keluhan telah disampaikan kepada pihak terkait, belum ada tindakan konkret yang diambil.

Di tempat lain, Yardin Zulkarnaen, mantan legislator, menyatakan pesimistis terhadap peningkatan kondisi Pasar Ciputat tanpa adanya solusi yang lebih baik. Dia mengusulkan pasar dikelola oleh perusahaan daerah atau swasta untuk meningkatkan efisiensi dan tanggung jawab.

Hj. Elsye Martinely, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Tangerang Selatan, menekankan pentingnya mengelola pasar bukan hanya sebagai sumber keuntungan pribadi, tetapi juga sebagai sarana kebutuhan dan obyek wisata ekonomi lokal. Dia menyerukan perbaikan tata kelola pasar sesuai dengan moto kota: cerdas, religius, dan modern.

Dengan demikian, penanganan sampah dan kebersihan di Pasar Ciputat menjadi panggilan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan pasar dan kesejahteraan pedagang serta masyarakat pengunjung.

(Red)

Baca Juga :  Margiono, Pilkada Tangsel Optimis Capai 70%