Beranda Berita Terkini Musrenbang Pamulang Timur 2024: Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pencapaian Aspirasi Pembangunan

Musrenbang Pamulang Timur 2024: Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pencapaian Aspirasi Pembangunan

BERBAGI

TANGSEL,Beritatangsel.com– Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kembali dilaksanakan di wilayah Tangerang selatan. Acara berlangsung di aula Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang , Kota Tangerang Selatan. Selasa (16/01/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Pamulang H. Mukroni, SE, M.Si., Lurah Ade Heri SE, Bappelitbangda Mesya, Kabid Kepemudaan Ilham, Kasie Kecamatan Pamulang Darwin Sopiyan.

H.Mukroni, SE, M.Si menyampaikan, dalam rangka aspirasi masyarakat dalam wadah musrenbang yang terlaksana di Pamulang Timur. Tentu diawali adanya aspirasi konsep pembangunan dimasyarakat, sehingga hari ini maka sebagai akumulasi dari tingkat RT/RW yang akan membawa perbaikian di masyarakat.

Lanjutnya, jejaring aspirasi masyarakat begtu banyak usulan dari total anggaran Kepada Pamulang Timur 2,3 Milyar. Melihat anggaran ini dalam format dua kemudian ada usulan dari anggota dewan, tiga sumber kita tempuh dengan Musrenbang, Organisasi Perangkat Daerah dan anggota DPR.

Dewan ini bisa mengusulkan dan merealisasikan insya Alloh bisa tercover di tingkat kecamatan sampai ketingkat kelurahan salah satunya adalah sarana prasarana baik ditingkat RT/RW, perbaikan jalan, selain usul non fisik misalnya pelatihan pelatihan dan hanya pembangunan fisik,” ucapnya.

Dalan pembangun Tangsel salah satu pemenuhan pembangunan para kegiatan pembangunan contoh RT/RW diberikan insentif 3 juta/3 bulan. Pertahun ini sudah mencapai 1 juta, bukan honor RT/RW saja misalnya insentif guru ngaji Amil, MarbotPKK dan kader kesehatan,” ungkap Camat Pamulang.

“Dan adanya rumah yg dibedah senilai 70 juta/rumah dan tahun ini sebanyak 600 unit. bedah rumah ini berarti adanya penaikan,” tuturnya.

Kelurahan Pamulang Timur sangat luar biasa melalui aspirasi dewan, OPD atau usulan ke dinas terkait dengan mengajukan proposal.

Kita melihat Kota Tangsel berkonsep sudah button up. selalu mengkolaborasikan agar pembangunan yg berkualitas dari masing RT/RW hadir di Musrenbang,” ucapnya.

Baca Juga :  Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan  Menuju UMKM Berdaya Saing Nasional dan Internasional

Adanya bidang kesehatan, bidang infrastruktur, sudah sangat maju dan terus kita tingkatkan,” ucap Camat Pamulang

Sementara itu Lurah Pamulang Timur Ade Heri Sutiawan mengatakan, terkait usulan Musrenbang, data 2023 yang akan dilaksanakan 2024 sedang kita komunikasikan, adapun usulan warga umumnya sarana dan prasarana (sarpras), namun demikian kami berharap sumber daya manusia (SDM) lebih aktif dan produktif lagi di Kelurahan Pamulang Timur.

“Pagu anggaran tahun 2025 Kelurahan Panulang Timur mendapatkan Rp. 2,3 Miliar, dalam hal ini tentunya kami berterima kasih kepada Pemerintah Kota Tangsel yang telah memberikan anggaran tersebut.

Musrenbang kegiatan yang diusulkan 20 item baik untuk sarana dan prasarana maupun kegiatan pemberdayaan yang lainnya. 60% fisik dan 40% non fiksi yang kita serap dari aspirasi masyarakat Pamulang Timur.

Tetapi persoalannya masyarakat banyak usulan ke kami dari target 20 item tetapi yang diusulkan masyarakat Pamulang Timur 155 item dengan total anggaran 26.5 Milyar.

Harapan kami dalam Musrenbang ini berusaha terserap dan direalisasikan Yang pertama mulai reses dewan yang kedua melalui usulan langsung terhadap dinas terkait untuk bisa merealisasikan anggaran yang sangat besar dibutuhkan untuk masyarakat.

Ade Heri Setiawan berharap kegiatan Musrenbang Kelurahan Pamulang Timur ini betul – betul menangkap aspirasi warga, pada prinsipnya kami akan terus berupaya memberi yang terbaik,” pungkas Lurah Pamulang Timur.

(Rudi)