Beranda Berita Terkini Sebab Tidak Netral Pemilu 2024, Walkot Tangsel Pecat Pegawai di Pemkot Tangsel

Sebab Tidak Netral Pemilu 2024, Walkot Tangsel Pecat Pegawai di Pemkot Tangsel

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengaku telah memecat beberapa pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel karena tuduhan tidak netral menjelang Pemilu 2024 ini.Benyamin Davnie menyatakan mengikuti instruksi langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas netralitas yang dituntut dari aparatur sipil negara (ASN).

Dituturkannya, untuk menjaga kesejukan Pemilu 2024 mendatang, para pegawai Pemkot Tangsel baik ASN maupun Tenaga Kerja Sukarela (TKS) atau honorer harus bersikap netral. Namun dirinya mendapat laporan tentang ketidaknetralan tersebut dan menyatakan bertindak tegas. “Sudah ada dua orang non ASN, TKS yang kami berhentikan,” ucap Benyamin Davnie, Rabu 8 November 2023.

Mantan Wakil Wali Kota era Airin Rachmi Diany itu menjelaskan, kedua pegawai honorer itu diberhentikan karena terlibat sebagai tim sukses pasangan capres dan cawapres dalam Pilpres 2024. Benyamin Davnie berdalih sanksi tegas diberlakukan melaksanakan Instruksi Presiden Jokowi dalam menjaga netralitas ASN dan pegawai pemerintahan. “Mereka terdaftar sebagai tim sukses langsung dibebastugaskan,” ucapnya.

Dia juga mengungkap beberapa pegawai lain diminta mundur karena menjadi calon legislatif untuk Pemilu 2024. “Misalnya staff khusus saya, Pak Deden Juwardi. Dia maju caleg langsung mundur sebelum pendaftaran itu.”

Menurutnya, sanksi bervariasi untuk pelanggaran soal netralitas ASN tersebut. Paling ringan adalah teguran lisan. “Yang terberat tentu akan kami keluarkan dari kepegawaian di pemerintah kota,” kata Benyamin Davnie. (Red)

 

 

 

Baca Juga :  Posyandu Mawar 2 Pondok Betung, Wakili Kota Tangsel di Tingkat Provinsi Banten