Beranda Berita Photo Masuki Musim Penghujan, Tagana Kota Tangerang Tingkatkan Kemampuan Penanggulangan Bencana

Masuki Musim Penghujan, Tagana Kota Tangerang Tingkatkan Kemampuan Penanggulangan Bencana

BERBAGI

Kota Tangerang, Beritatangselcom — Pemerintah Kota Tangerang melalui dinas Sosial menerjunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke Sungai Cisadane guna memantapkan kemampuan dalam penanggulangan bencana. Sabtu (6/11/2021).

Muda – mudi ini kembali melatih skill mereka dalam penggunaan perahu karet di atas sungai besar yang membelah Tangerang, baik dengan teknik dayung maupun perahu bermotor.

Fathurrohman, Plt. Ketua Tagana Kota Tangerang mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Kegiatan ini merupakan program Tagana Kota Tangerang dalam menghadapi cuaca ekstrem, kita melakukan latihan guna merefresh kembali kemampuan teman – teman dalam teknik mengevakusi Korban.” Katanya.

Di hari selanjutnya, tim Tagana Kota Tangerang pun melatih keahlian panjat dinding. Karena umumnya evakuasi pengungsi kerap berada di rumah lantai dua atau dari atap rumah.

Selain water rescue yang nantinya bertugas evakuasi korban, yang umumnya bencana di Kota Tangerang adalah banjir, pelatihan mitigasi bencana Tagana adalah fokus ke dapur umum dan posko pengungsian.

“Untuk pelatihan logistik dan dapur umum anggota Tagana nantinya fokus untuk penanganan pengungsi, distribusi logistik dan makanan pengungsi, sedangkan pelatihan posko itu lebih ke asesmen dan pendataan, data pengungsi dan koordinasi antar lini,” jelas Fathurrohman, pada Minggu (07/11/2021).

Menurutnya titik rawan bencana banjir di Kota Tangerang masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu di daerah Timur seperti Ciledug Indah dan di Tangerang Barat di Kecamatan Periuk dan daerah perbatasan dengan Kecamatan Karawaci.

“Dengan pelatihan ini kita akan lebih meningkatkan lagi kualitas teman-teman dalam menanggulangi bencana di Kota Tangerang,” harapnya.

(Red/Farhan)

Baca Juga :  Staf Ahli Kemnaker Abdul Wahab Bangkona. Berkunjung ke Koperasi Bangkit Usaha Mandiri. Kelurahan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Kota Tangsel