Beranda Berita Terkini Mahasiswa Universitas Pamulang Adakan Penyuluhan Mengenai Pemahaman Akuntansi Kepada Karang Taruna

Mahasiswa Universitas Pamulang Adakan Penyuluhan Mengenai Pemahaman Akuntansi Kepada Karang Taruna

BERBAGI

Bogor, beritatangsel.com – Mahasiswa merupakan seseorang yang belajar di perguruan tinggi baik universitas, institut atau akademi. Dalam hal ini, mahasiswa tidak dituntut untuk sekadar berlajar saja, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Manusia sebagai makhluk sosial, kita perlu berbaur dan beradaptasi dengan oranglain melalui kerjasama gotong royong, saling tolong menolong atau kegiatan kemanusiaan lainnya yang ada dilingkungan sosial kita. Manfaat gotong royong dapat kita ketahui secara langsung melalui kebersamaan antar masyarakat sehingga bisa menumbuhkan kelekatan yang semakin erat didalamnya.

Dalam aspek gotong rotong terdapat berbagai kendala yang menjadi penghalang dalam suatu kegiatan. Hal tersebut harus segera diatasi oleh para pemuda karang taruna yang berperan. Berbagai kegiatan gotong royong sangat membawa dampak yang positif, bahwa kesadaran dari berbagai kalangan pemuda telah menjadi salah satu aspek penting dalam organisasi yang dimaksud kesadaran akan tanggung jawab.

Fungsi karang taruna adalah mewadahi para pemuda di Kelurahan Parung Panjang Jalan Raya Dago No 1 Parung Panjang, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk lebih aktif membuat kegiatan positif dan membangun sehingga dapat terbebas dari narkoba dengan tetap memegang nilai pancasila dan kesatuan masyakarat dilokasi tersebut.

Pemahaman yang tepat tentang pentingnya administrasi dalam kehidupan modern sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai “keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna”.

Baca Juga :  Optimalkan Pengelolaan Fisik Pameran Untuk Meningkatkan Ekspos Produk

Dari penjelasan di atas bahwa peran manajemen administrasi sangat penting dan diperlukan agar bisa mengatur proses administrasi dengan benar sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PMKM) dengan tema “Pengenalan Akuntansi Dasar dan Penerapannya dalam Karang Taruna” yang diketuai oleh Muhammad Farhan Dhani beserta anggota lainnya yaitu Candra Firmansyah, Dicky Wahyudi, dan Dinda Aditya, dan didampingi oleh dosen pembimbing Putri Nurmala, S.E.,M.Si. bersama Bapak Dede Santoso selaku ketua Karang Taruna Desa Parung Panjang, Senin (18/11/2021).

Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para anggota karang taruna dalam menerapkan akuntansi di dalam karang taruna maupun dalam lingkungan masyarakat contohnya seperti mengelola keuangan karang taruna dan manajemen keuangan UMKM.

Selama kegiatan PMKM berlangsung, terlihat para anggota Karang Taruna sangat antusias mengikuti acara tersebut hingga selesai acara.

Pada akhir kegiatan, Dosen pembimbing Putri Nurmala juga menambahkan beberapa masukan terkait pentingnya sosialisasi tentang ilmu akuntansi bagi karang taruna.

“ilmu akuntansi ini juga bisa membantu dalam mengelola keuangan organisasi tersebut, sehingga tatanan laporan keuangannya bisa tersusun dengan rapi dan jelas” tutupnya.

Artikel/mahasiswa Unpam.