Beranda Kabupaten Tangerang Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Lakukan PKM Edukasi “Sistem Perawatan Pompa Dalam...

Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Pamulang Lakukan PKM Edukasi “Sistem Perawatan Pompa Dalam Struktur Hidroponik Bertenaga Kincir Angin” Di Pondok Pesantren Nurul Ihsan Kota Tangerang Selatan

BERBAGI

Pamulang, Beritatansgel.com – Perguruan Tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, tetapi juga melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Bentuk-bentuk kegiatan pengabdian masyarakat cukup beragam, seperti bakti sosial dan mengajar. Kegiatan pengabdian masyarakat menjadi salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan. Pengabdian kepada Masyarakat ini menjadi wadah untuk memperkenalkan program studi Teknik Mesin universitas Pamulang, dengan harapan Masyarakat memiliki minat untuk kuliah di Teknik Mesin.

 

Minggu, 29 Oktober 2023 mahasiswa/I telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lokasi yang dipilih adalah KP.MOMONGGOR RT/01/01 DESA KERANGGAN KEC.SETU KABUPATEN TANGERANG SELATAN, Kranggan, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15312 pada tanggal 28-29 Oktober 2023.

 

Acara ini dilaksanakan di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Ihsan Kota Tangerang Selatan Pada Bulan Oktober 2023. Kegiatan edukasi Ini dilakukan oleh beberapa mahasiswa dan dosen pembimbing. Kegiatan berlangsung dengan dibuka oleh Ketua Yayasan yaitu Ustad KH. Shobari. Acara PKM yang diikuti oleh kurang lebih 40 santriwan/santriwati dari jenjang SD/SMP/SMA, mereka antuisias dan memiliki minat yang tinggi terhadap informasi yang diberikan. Karena materi yang kami sampaikan tidak bisa mereka dapatkan di pondok maupun di sekolah, maka dari itu kami berharap materi yang sampaikan tersebut dapat menjadi wawasan tambahan bagi mereka.

 

Selain itu, diadakannya kegiatan ini bertujuan memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Dinyatakan Tak Lulus Uji Emisi, Pemkot Tangsel Kandangkan Tiga mobil ASN

 

 

 

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Sebelum acara diakhiri para santri melakukan peletakan bibit sayuran ke struktur hidroponik yang telah kami buat, dan dipenghujung acara ini ditutup dengan foto bersama santri, dosen, mahasiswa/I, dan anggota Yayasan. Kami selaku mahasiswa/I mengucapkan terima kasih kepada para santriwan/santriwati dan seluruh guru pondok pesantren karenanya telah diberi kesempatan untuk melaksanakan acara ini. (Red)