Beranda Berita Photo Pengangguran di Tangsel Mencapai 43.000 Orang

Pengangguran di Tangsel Mencapai 43.000 Orang

BERBAGI
Job Fair Net

Serpong, Beritatangsel.com – Angka pengangguran di Kota Tangsel diperkirakan mencapai 43 ribu orang lebih.

“Dari data angka pengganguran di tujuh kecamatan, Kota Tangsel diperkirakan mencapai 43 ribu orang lebih. Peningkatan pengangguran ini akibat munculnya lulusan sekolah tahun ajaran 2017/2018 dan pencari kerja baru dari luar kota,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel Purnama Wijaya, di Serpong, Sabtu (21/7/2018).

Jumlah atau data penggangguran tentunya bakal meningkat melihat dari jumlah kelulusan sekolah tahun 2017/2018 beberapa waktu lalu yang tentunya akan diikuti dengan kebutuhan angka pencari kerja yang bertambah seiring dengan Kota Tangsel yang terus berkembang membangun sebagai salah satu daerah penunjang perbatasan DKI Jakarta.

Upaya mengurangi angka pengangguran yang bertambah tersebut adalah dengan mengandeng dan mengajak seluruh perusahaan atau kantor di wilayah Tangsel untuk membuka lapangan pekerjaan baru melalui job fair yang dilaksanakan di sekitar Kecamatan Serpong.

Dalam kegiatan serupa tahun 2017 lalu dari 14.285 pelamar, yang berhasil masuk ke sejumlah perusahaan hanya sekitar 1.257 orang saja.

“Kemudian kegiatan job fair tahap dua di tahun 2017 itu juga dengan jumlah pelamar 10.885 orang yang diterima bekerja hanya mencapai 1.027 orang, “tuturnya.

Job Fair ketiga, lanjutnya akan dilakukan di Kecamatan Serpong dengan membuka lowongan pekerjaan sekitar 10.003 yang diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran.

Ridwan, warga Pamulang, mengaku hampir setiap saat memantau informasi adanya bursa kerja yang dilakukan pemerintah Kota Tangsel termasuk job fair ini. “Ya.. Insya allah diterima di salah satu perusahaan yang saya tuju saat melamar pekerjaan tadi, ” ujarnya. (dc)

Baca Juga :  Disnaker Kota Tangsel Buka Posko Pengaduan THR untuk Karyawan