Beranda Berita Photo Sering Mengeluarkan Air Mata Saat Memotong Bawang Merah? Jangan Khawatir Kini Ada...

Sering Mengeluarkan Air Mata Saat Memotong Bawang Merah? Jangan Khawatir Kini Ada Tips Nya! Yuk Cari Tau Disini!

BERBAGI

Pondok Aren,Beritatangsel.com- Mengapa bawang merah bisa membuat mata Anda pedih dan mengeluarkan air mata, dan bagaimana Anda bisa mencegahnya? Bawang merah tersusun atas bagian luar yang disebut “tunic” (lapisan luar yang berwarna cokelat), bagian tengah berwarna putih yang disebut dengan “scale”, dan bagian bawah yang disebut “basal” (seringkali disebut sebagai “akar” dan memiliki banyak “rambut”). Saat Anda memotong bagian basal atau akar, bawang akan mengeluarkan enzim. Enzim ini bereaksi dengan seluruh bagian bawang dan melepaskan gas. Ketika gas tersebut bercampur dengan air, terbentuk asam. Jika air tersebut berada di dalam mata. maka akan ada asam terbentuk dalam mata Anda. kali ini kita akan berbagi tips untuk anda agar mata tidak pedih saat memotong bawang!, yuk simak artikel sampai habis!

 1.Gunakan pisau yang sangat tajam saat memotong bawang merah. Enzim dilepaskan saat sel mengalami kerusakan atau hancur; menggunakan pisau yang tajam akan memotong bawang merah tetapi tidak menghancurkannya, sehingga enzim yang dilepaskan akan lebih sedikit. Terlepas apakah Anda juga menggunakan trik yang berbeda, gunakan selalu pisau yang tajam saat memotong bawang. Anda akan jauh lebih cepat menyelesaikannya!

2.Dinginkan bawang merah di dalam freezer selama 10 – 15 menit sebelum memotongnya. Cara ini akan mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan ke udara dan tidak berefek terhadap rasa bawang merah Anda. Mendinginkan bawang merah disebut sebagai “cara yang paling efektif untuk mengurangi air mata” oleh program televisi “Food Detectives”.

  • Memasukkan bawang ke dalam lemari es juga akan berhasil; pastikan saja untuk tidak meletakkan bawang merah di sebelah apel atau kentang, juga jangan memasukkannya terlalu lama (20 menit seharusnya cukup)  karena bawang merah bisa menyebabkan bau tidak sedap jika dibiarkan di dalam lemari es terlalu lama.
 

3.Potong bawang merah di dalam air. Metode ini sebenarnya efektif, tetapi sulit dilakukan. Di dalam air, potongan bawang akan mengambang ke mana-mana terkecuali jika Anda memegang dan mengambilnya serta membuang airnya. Jika tidak dilakukan dengan benar, cara ini hanya akan menyulitkan Anda. Sehingga jika Anda ingin melakukannya, sebaiknya rencanakan apa yang ingin Anda lakukan sebelumnya.

  • Beberapa orang menyarankan untuk memotong bawang di bawah air mengalir. Tetapi cara ini juga sulit dilakukan. Aliran air akan membuat semuanya terlihat berantakan dan sulit Anda kendalikan.
Baca Juga :  Sambut HUT Tangsel Ke-14, Penggiat Lingkungan Ajak Masyarakat Atasi Sampah

4.Potong bawang merah di dekat aliran air panas atau uap air. Uap dari ketel air atau panci berisi air yang dipanaskan bisa Anda gunakan. Uap air akan mengusir uap dari bawang merah sehingga menyingkirkannya dari mata Anda.

5.Bernapaslah dari mulut dan keluarkan lidah Anda. Hal ini akan membuat gas dari bawang mengarah ke lidah Anda yang basah. Saraf pengecap, yang terletak di dekat saraf kelenjar air mata akan terlewati, sehingga air mata tidak akan terbentuk. Tetapi jika Anda lupa dan kembali bernapas dari hidung, air mata akan segera terbentuk kembali!

6.Rendam bawang merah di dalam air. Enzim akan terdenaturasi akibat batas air – udara. Tetapi, tahukah Anda bahwa cara ini akan menghilangkan sebagian rasa bawang, dan bawang menjadi lebih licin untuk Anda pegang (sehingga lebih sulit untuk diiris). Jika rasa bawang yang lebih ringan bukan masalah untuk Anda, cobalah cara ini.

7.Potong bawang secara melintang. Karena daging bawang merah berbentuk seperti tabung, memotongnya secara melintang akan dapat mencegah mata Anda terasa pedih.

  • Tentu saja, sedikit saja aliran udara bisa membawa gas yang membuat mata Anda pedih, sehingga perhatikan aliran udara di sekitar Anda juga. Nyalakan kipas angin, dan arahkan ke arah yang tepat.

8.Bersiul saat Anda memotong bawang. Bersiul akan menciptakan aliran udara yang cukup untuk mengusir gas bawang merah dari wajah Anda, sehingga tidak mencapai mata. Pilihlah nada yang Anda sukai sehingga Anda tidak akan berhenti bersiul hingga selesai memotong bawang.

Letakkan sepotong roti dalam mulut Anda. Banyak orang mengatakan bahwa mengunyah, khususnya roti, akan membantu mencegah air mata saat memotong bawang merah. Kunyahlah perlahan-lahan dan biarkan roti berada dalam mulut Anda sebentar. Mulut Anda akan menjadi berair dan terasa tidak nyaman, tetapi mata Anda tidak!

Baca Juga :  Tingkatkan Peran UKM, Pemkot Tangsel Ikut Ramaikan Pameran di Living World

Nah itulah sedikit tips untuk anda agar mata anda tidak pedih saat memotong bawang merah. semoga bermanfaat dan selamat mencoba(*)