Beranda Berita Photo Tahukah Anda? Ternyata Biji Buah Delima Mempunyai Berbagai Macam Manfaat bagi Tubuh...

Tahukah Anda? Ternyata Biji Buah Delima Mempunyai Berbagai Macam Manfaat bagi Tubuh Kita

BERBAGI

Pondok Aren, beritatangsel.com- Mungkin kita sering mendengar nama delima namun, masih banyak dari kita yang masih jarang menkonsumsinya. Dikarenakan buah delima lebih sering digunakan sebagai tanaman hias saja oleh kebanyakan orang.

Punica granatum atau yang lebih sering disebut dengan buah delima berbentuk bulat dengan diameter 5-12 cm dengan warna kulit buah beragam dari hijau keunguan,putih,coklat kemerahan ungu kemerahan. Delima termasuk jenis buah-buahan yang mempunyai banyak biji. Biji buah delima kecil-kecil,berbentuk bulat panjang yang bersegi  agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan dengan warna merah,merah jambu ataupun putih.

Namun apakah  anda tau ternyata walaupun biji buah delima memiliki karakter yang keras tetapi dapat di konsumsi dan kaya akan kandungan nutrisi dan manfaatnya. Nah kali ini artikel ini akan membahas mengenai tentang manfaat biji delima.

Biji delima mengandung minyak alami hingga 20% dari berat total biji delima. Menurut artikel pada journal of food composition and analysis (2006), minyak biji delima memiliki kandungan berupa asam linoleat dan asam lemak omega 3 juga mengandung  protein,serat kasar,vitamin dan senyawa polifenol.

  • Manfaat biji buah delima

 

  1. Membantu mencegah kanker

Buah delima juga beserta bijinya mengandung flovanoid yang berguna sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker. Menkonsumsi buah delima beserta  bijinya dengan cara di jus diminum secara teratur dipercaya dapat mengurangi berkembangnya kanker.

 

  1. Membantu mengobati cacingan

Apabila jika saudara atau anak anda cacingan,silahkan coba gunakan biji delima untuk membantu mengobatinya.caranya dengan masukan satu sendok makan bubuk biji delimaKering ke dalam segelas jus nanas yang belum terlalu matang. Aduk rata dan disarankan diminum dengan keadaan perut kosong.

 

  1. Membantu mengobati sariawan
Baca Juga :  IPSI Pusat Resmi Lantik 7 Pengurus Ranting Tingkat Kecamatan se-Kota Tangsel

Mungkin anda pernah mengalami sariawan? Sariawan terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin C. untuk mengobati sariawan anda bisa menggunakan buah delima segar beserta bijinya. Caranya mudah , tumbuk dua buah delima segar  yang telah masak beserta bijinya hingga alus. Tambahkan segelas air,aduk merata lalu saring. Gunakan air tersebut untuk berkumur dan telan. Lakukan cara tersebut sebanyak 2-3 kali.

 

  1. Mengurangi gejala sering kencing

Anda dapat mengatasinya dengan memanfaatkan biji buah delima. Caranya mudah ambil biji buah delima yangs segar dan masak dan segenggam potongan kucai. Rebus kedua bahan tersebut tiga gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah air rebusan dingin, silahkan minum sebanyak dua kali sehari dengan ¾ gelas tiap kali minum.

 

  1. Membantu menyehatkan Tubuh

Biji buah delima yang dikonsumsi dengan buahnya diyakini dapat mencegah tubuh dari berbagai macam penyakit seperti flu,demam dll. Untuk langsung mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa langsung menkonsumsi buah delima yang telah masak beserta bijinya.

 

Walaupun biji delima bertekstur keras namun jangan disepelekan, karena ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Yuk mulai sekarang konsumsi buah delima setiap hari dengan teratur.

 

(vitria)

(sumber : manfaat.co.id)