Beranda Berita Photo Bosan Kena Banjir, Warga Laksanakan Kerja Bhakti Massal

Bosan Kena Banjir, Warga Laksanakan Kerja Bhakti Massal

BERBAGI
20150614_094615
Puluhan petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Tangsel, bersama-sama membersihkan sampah-sampah di yang berada di kali Serua

Pondok Aren – Merasa bosan wilayahnya kerap dilanda banjir akibat luapan kali Serua yang  melintas diwilayahnya, puluhan warga perumahan Maharta, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan(Tangsel) melakukan kerja bhakti missal. Di bantu puluhan petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Tangsel, bersama-sama  membersihkan sampah-sampah di yang berada di kali Serua, Minggu (14/6).

Aksi bersih-bersih ini, di prakasai ketua Komunitas Penanggulangan Bencana (KPB) H.Sugiyono. Dia menjelaskan, aksi ini dilakukan karena warga mengeluh, bila saat musim hujan jadi langganan banjir, terutama di tiga lingkungan RW 09 dan 010 dan RW 011, yang kerap tergenang air setinggi 50-70 sentimeter, akibat air kali Serua yang kurang terawat.

Sugiyono, mengatakan, sudah lebih dari 20 tahun, sepertinya lumpurnya belum pernah di angkat, akibatnya air kiriman dari wilayah lain kurang optimal, “Kami berharap Pemkot Tangsel melakukan normalisasi secara menyeluruh, dari hulu ke hilir. Sehingga warga yang tinggal di sini dan lainnya tak kebanjiran terus menerus,” ujar Sugiyono.

Dalam kegiatan tersebut, nampak hadir, Kepala Dinas Bina Marga & SDA Hj.Retno Prawati dan kepala BNPB Kota Tangsel Uci Sanusi mewakili Walikota Tangsel Hj.Airin Rachmi Diany yang berhalangan hadir. Disambut Camat Pondok Aren Suhendar juga anggota DPRD Tangsel Aguslan Busro.

Dalam kesempatan itu, Retno memgatakan, ”Sebenarnya pemerintah sedang melakukan normalisasi senua kali dan saluran air yang berada di Tangsel. Namun dengan keterbatasan perlu adanya peran masyarakat, dan terkait dengan banjir bukan tanggung jawan pemerintah saja, tapi merupakan tanggung jawab  bersama,” ujarnya.

Sementara itu, kepala BNPB Kota Tangsel Uci Sanusi menjelaskan, keterlibatan BNPB sejumlah personel selain di undang oleh masyarakat yang tergabung di KPB, juga dalam program ‘Gorong-gorong Bersih’ yang di programkan oleh Walikota, terkait agenda dalam pencegahan bencana akibat banjir.

Baca Juga :  Kepergok Mencuri, Seorang Kubang Diringkus di Mapolsek Serpong

“kami sampaikan apreasi kepada warga yang berada dilingkungan perumahan Maharta. Dengan adanya kegitan Kerja bhakti missal, hal ini seiring dengan program pemerintah dalam kebersihan lingkungan dan pencegahan bencana akibat banjir, “ pungkasnya.

Reporter : Is One

Editor : Radi IsOne