Beranda Berita Terkini BLHD Tangsel Gandeng IEPF Asal Jepang, Normalkan Tujuh Situ

BLHD Tangsel Gandeng IEPF Asal Jepang, Normalkan Tujuh Situ

BERBAGI
lembaga Non Goverment Organization berpusat di Jepang bergerak dalam membantu pendidikan lingkungan
20150605_102028
lembaga Non Goverment Organization berpusat di Jepang bergerak dalam membantu pendidikan lingkungan

BT.COM, Pondok Aren – Mrs. Toshiyo Ikeda, mewakili Indonesian Education Promoting Faundation (IEPF), sebuah lembaga Non Goverment Organization berpusat di Jepang bergerak dalam membantu pendidikan lingkungan. Dua orang asal Jepang ini, prihatin dengan keberadaan Situ yang ada di Tangsel. Hal ini, terungkap  pada saat dua orang asal Jepang itu, mendatangi Situ Parigi yang terletak di Kkelurahan Parigi Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam rangkaian peringatan hari lingkungan hidup  Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (05/06-2015).

Melalui penterjemahnya, Intan Kesuma mengatakan,” Bulan lalu, saya mendatangi beberapa Danau (Situ) yang ada di kota ini, sangat memprihatinkan, selain tidak terawat airnya kotor, berbeda dengan Jepang, di sana airnya jernih, bahkan bisa dikomsumsi,” ungkapnya.

 Masih kata dia,” Kami akan melakukan kajian masalah keberadaan Situ dengan pemerintah melalui BLHD juga dengan berbagai pihak dan elemen masyarakat, agar keberadaan Situ yang ada di kota Tangsel ini tetap lestari,“ ujarnya.

Rahmat Salam menjelaskan, kedatangan mereka,mewakili lembaga IEPF sebuah Non Goverment Organization berpusat di Jepang dalam membantu pendidikan lingkungan di Indonesia terutama wilayah Bandung, Tangerang Selatan, dan Denpasar Bali. Pada project Year 2014-2017.

“Kami akan kerja sama dengan berbagai pihak dan melibatkan masyarakat dan membentuk LSM. Laskar Lingkungan Muda yang terlatih, guna melakukan normalisasi di 7 situ yang ada di Tangsel. di wakili Miss Tomiko Hashimotto, pihak NGO akan mempunyai laporan terkait Situ yang ada di Tangsel untuk dapat dilakukan riset dan kajian,” jelasnya.

Rachmat salam juga, mengaku kewalahan mengurus keberadaan tujuh Situ yang ada diwilayahnya, sehingga di anggap perlu kerjasama dengan lembaga non-governmental organization (NGO) asal Jepang yakni Indonesian Education Promoting Faundation (IEPF). Tujuannya bagaimana situ yang ada di Tangsel ini tidak berubah bentuk dan agar tidak ada lagi sampah-sampah yang menumpuk.

Reporter : Is One

Editor : Radi IsOne

Baca Juga :  Hadapi Tantangan Global, SDM SMK BB Siap Bersaing di Dunia Kerja