Beranda Berita Photo Woww… Jalur MRT Sampai Tangsel

Woww… Jalur MRT Sampai Tangsel

BERBAGI

Tangerang Selatan,Beritatangsel.com- Jalur mass rapid transit (MRT) Jakarta koridor Selatan-Utara diminta diteruskan sampai ke Tangerang Selatan (Tangsel). Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan perpanjangan trayek tersebut diminta langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

“Di dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), perpanjangannya bisa sampai ke Cikarang dan Balaraja untuk koridor Timur-Barat dan Tangsel untuk koridor Selatan,” kata Tuhiyat dalam paparan di Gedung Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat (26/10/2018) lalu.

Setelah adanya usulan tersebut, maka PT MRT Jakarta berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). BPTJ telah menugaskan PT MRT Jakarta untuk melakukan pra feasibility study atau studi kelayakan.

BPTJ sendiri telah memberi usulan jalur mana yang akan dilewati untuk rute ini. Di dalam RITJ, awalnya perpanjangan dimulai dari stasiun terakhir di Lebak Bulus hingga menuju ke Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

“Tapi Ibu Wali Kota (Tangsel) minta dibelokkan ke arah BSD atau Puspitek, sampai ke Rawa Buntu dan Tangerang Kota,” tambah Tuhiyat.

Saat ini PT MRT Jakarta ditugaskan merampungkan pra studi kelayakan untuk mengetahui kelayakan jalur tersebut. Potensi jalur masih bisa berubah sampai nanti pra studi kelayakan dirampungkan pada akhir 2018 mendatang.

Setelah itu, penanggung jawab proyek kerja sama bisa diumumkan. Berbeda dengan fase I dan II, pendanaan proyek ini rencananya akan menggandeng swasta menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha.

Berikut urutan rute MRT Jakarta perpanjangan jalur ke Tangerang Selatan yang diusulkan BPTJ:
1. Lebak Bulus
2. Stasiun UMJ
3. Stasiun UIN Syarif Hidayatullah
4. Stasiun Pasar Ciputat
5. Stasiun Pustekkom
6. Stasiun Pondok Cabe
7. Stasiun Pamulang Barat
8. Stasiun Pondok Benda
9. Stasiun Babakan
10. Stasiun Puspitek
11. Stasiun Rawa Buntu
12. Tangerang Kota

Baca Juga :  Jalin Silahturahmi, Bhabinkamtibmas Aiptu Sanjaya Polsek Curug Berbincang Dengan Warga

 

Sumber:detik.com