Beranda Berita Terkini Pemerintah Kota Tangsel Akan Menata Puluhan Ribu Hektar Kawasan Kumuh

Pemerintah Kota Tangsel Akan Menata Puluhan Ribu Hektar Kawasan Kumuh

BERBAGI

Tangsel, Beritatangsel.com – Pemerintah mempunyai tantangan tersendiri yaitu menata kawasan pemukiman kumuh, khususnya di Kota Tangsel yang memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup pesat.

Oleh karena itu melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan penataan kawasan kumuh. Pada 2024, Kota Tangsel akan melakukan penataan di lima titik kawasan kumuh dengan luas kurang lebih 10 ribu hektar.

Sekertaris Disperkimta, Hendri Sumawijaya menyatakan penataan kawasan permukiman kumuh di Kota Tangsel telah masuk ke dalam program strategis hingga tahun 2026 mendatang.

Untuk tahun 2024, pihaknya akan melakukan pembenahan terhadap lima lokasi permukiman kumuh di beberapa Kecamatan yang ada di Tangsel.

“Kita lagi melakukan survei ke lapangan di lima lokasi atau titik kawasan kumuh yang akan ditata di tahun ini,” tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Permukiman pada Disperkimta Kota Tangsel, Syaiful menjelaskan lima lokasi tersebut yaitu Serpong, Kedaung, Pondok Aren, Cilenggang.

“Lima lokasi ini akan ditata atau mengubah jalan, drainase, penerangan jalan umum (PJU), gerbang atau gapura serta pembuatan ruang terbuka hijau,” tuturnya.

Menurutnya, penataan kawasan kumuh ini dilakukan secara komprehensif. Tujuannya agar kawasan ini menjadi kawasan sehat, pembangunan tertata dengan rapih sehingga tidak masuk kawasan kumuh.“

Kita ingin aktifitas masyarakat jadi aman dan nyaman, saat wilayahnya sudah ditata,” katanya.

 

(Red)

Baca Juga :  Menpan : Warga Harus Berperan Aktif Dalam Mengawasi Kinerja Pegawai Pemerintah