Beranda Berita Terkini Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Program 1 Rumah Satu Jumantik Untuk Cegah DBD

Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Program 1 Rumah Satu Jumantik Untuk Cegah DBD

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten menggencarkan program satu rumah satu juru pemantau jentik (Jumantik) untuk mencegah terjadinya kasus demam berdarah dengue (DBD) saat memasuki musim hujan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, mengatakan dalam pemantauan jentik tidak hanya dilakukan petugas Jumantik, namun pemilik rumah juga berperan sebagai Jumantik di rumah masing-masing.

“Program satu rumah satu Jumantik bertujuan untuk menekan dan mencegah terjadinya kasus DBD, sebab saat ini sudah mulai memasuki musim hujan,” katanya.

Ia menjelaskan satu rumah satu Jumantik merupakan program pembentukan agen perubahan di satu rumah untuk mensosialisasikan dan menggerakkan anggota keluarga melakukan PSN 3M Plus.

Kemudian, memeriksa tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah, mengisi kartu pemeriksaan jentik nyamuk, memberikan larvasida pada tempat penampungan air yang susah untuk dikuras, memeriksa hingga memberantas tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah.

“Selain itu, juga bertindak sebagai agen perubahan dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jadi, ada pelopor untuk mencontohkan dan mengingatkan upaya-upaya pencegahan DBD,” katanya.

Ia menyatakan apapun bisa dilakukan masyarakat untuk membunuh nyamuk dan mematikan lingkungannya, untuk memutus mata rantai hidup jentik nyamuk DBD.

“DBD tidak hanya menyerang pada musim hujan, pada musim kemarau pun potensi seseorang terserang DBD masih ada, belum lagi Indonesia adalah negara endemis DBD. Hal itu bisa terjadi ketika seseorang tidak melakukan perilaku hidup sehat, seperti jarang bersih-bersih dan terbiasa menggantungkan pakaian bekas pakai,” ujarnya.

Dini menambahkan Dinkes Kota Tangerang juga melakukan penguatan sumber daya manusia, termasuk tenaga ahli laboratorium untuk penegakan diagnosa dan dokter untuk peningkatan pengobatan. Lalu, menerjunkan petugas dari 39 puskesmas untuk melakukan pemantauan jentik dari rumah ke rumah.

Baca Juga :  Ngeri! Ada Mafia Kesehatan Di Kota Tangerang, Sampai Forum Aktivis Tangerang Demo

“Jaga keluarga kita, jaga rumah kita, jaga lingkungan kita dari serangan nyamuk aedes aegypti. Terapkan 3M Plus dan PHBS di kehidupan sehari-hari,” ucapnya. (Red)