Beranda Pendidikan Kelompok Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan dan Pembuatan Konten...

Kelompok Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan dan Pembuatan Konten Video Kreatif Kepada Siswa SMK Budi Mulia

BERBAGI

Beritatangsel.com — Dalam rangka memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi Kelompok Mahasiswa Kuliah Peduli Negeri (KPN) dari Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan pelatihan dan pembuatan konten video kreatif di SMK Budi Mulia Ciledug Tangerang. Senin (06/11/2023).

Acara ini berlangsung di ruang kelas Seni dan Ekonomi Kreatif mulai dari pukul 10.45 hingga 13.00 Siang dengan rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC acara, Putri Aulia, dan kata sambutan dari ketua KPN, Nashwan Azmi, dosen perwakilan Universitas Mercu Buana, Bapak Andi Pajolloi Bate, M.A., serta perwakilan hubungan masyarakat SMK Budi Mulia, Bapak Ir Hj Hikmat Sobari MM.

dalam sambutannya, Ketua KPN Nashwan Azmi menjelaskan bahwa Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang mangacu pada UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang dimana Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu mengimplementasikannya langsung kepada masyarakat

Lanjut, materi disampaikan oleh para narasumber, mencakup pengertian konten digital, tahapan produksi video kreatif, proses produk dan pasca produksi, serta langkah-langkah editing menggunakan aplikasi Capcut.

Siswa Jurusan Broadcasting kelas 10 yang berjumlah 35 orang, kemudian dibagi menjadi kelompok untuk praktek membuat video kreatif dengan tema profil sekolah.

Kelompok tersebut kemudian diarahkan untuk berperan dengan tugas masing – masing ( cameramen, editor, talent ). Tahap pertama yang mereka lakukan adalah proses brainstorming ide dan menentukan konsep video yang dilanjutkan dengan praktik pembuatannya.

Setelah tahap produksi, tim penyelenggara memantau langsung proses pembuatan video kreatif di lingkungan sekolah.

Baca Juga :  Kuliah Peduli Negeri, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Lakukan Penyuluhan di Panti Asuhan Pintu Elok

Setelah seluruh kelompok menyelesaikan tahap produksi, mereka ditugaskan untuk melakukan proses editing menggunakan bahan video yang sudah diambil sebelumnya. Tim penyelenggara menilai hasil video yang dihasilkan oleh siswa/i, dan tiga video terbaik diberikan apresiasi dengan kategori: Video Terbaik Pertama, Video Terbaik Kedua, dan Video Terbaik Ketiga.

Sebagai tambahan, tim penyelenggara mengadakan sesi quiz terkait materi yang telah disampaikan. Rizky dan Danu berhasil menjawab pertanyaan dan mendapatkan saldo dalam bentuk E-wallet sebagai penghargaan.

Acara ditutup dengan foto bersama dan ucapan terima kasih kepada seluruh siswa/i serta guru pendamping yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Inisiatif dari Kelompok Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru kepada siswa/i SMK Budi Mulia dalam menciptakan konten video kreatif.

(/Red)