Beranda Berita Terkini BMKG Ungkap Suhu Tangsel Capai 39,4 Derajat Celcius

BMKG Ungkap Suhu Tangsel Capai 39,4 Derajat Celcius

BERBAGI

Tangerang,Beritatangsel.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis suhu maksimum harian di Indonesia dengan durasi 16 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB hingga 17 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB. Tempat teratas atau terpanas terdeteksi di Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II dengan suhu 39,4 derajat Celcius.

Berikutnya, Stasiun Meteorologi Kertajati (39 derajat Celcius), Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri (38 derajat Celcius), Stasiun Klimatologi Banten dan Stasiun Klimatologi Sulawesi Selatan (37,9 derajat Celcius). Untuk diketahui Balai Besar MKG Wilayah II berada di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

Didi Satiadi, Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengungkap berbagai faktor yang menyebabkan suhu wilayah Tangerang Selatan dapat mencapai 39.4°C pada tanggal 16 Oktober 2023.

“Faktor utama adalah pemanasan permukaan dan udara di atasnya oleh radiasi matahari yang mencapai puncaknya pada siang hari sekitar jam 14 waktu setempat,” jelasnya lewat pesan singkat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Ditambah lagi, pada saat ini posisi semu matahari berada di garis lintang yang bertepatan dengan posisi di sekitar Pulau Jawa. Selain itu posisi matahari tegak lurus di atas Pulau Jawa sehingga radiasi matahari menjadi maksimal.

Faktor lain adalah kondisi udara yang kering dan minim awan menyebabkan sebagian besar energi matahari langsung mencapai permukaan bumi tanpa halangan apapun. Apalagi saat ini wilayah Indonesia terutama di bagian selatan sedang mengalami musim kemarau yang lebih kering dari biasanya karena fenomena El-Nino yang terjadi bersamaan dengan fenomena IOD positif.

“Ketika dua fenomena ini terjadi bersamaan, awan cenderung tertarik ke Samudra Pasifik bagian timur dan Samudra Hindia bagian barat, sehingga wilayah Benua Maritim Indonesia cenderung kering,” kata Didi.

Baca Juga :  Banyaknya Kerambah Dan Sampah Semakin Terlihat di Sekitar Situ Gintung

Sementara data Sadewa BRIN menunjukkan saat itu kondisi kering di atas wilayah Jawa Barat dan Banten bagian utara, sebagian Lampung, dan bagian utara Jawa Timur. Kelembaban relatif di wilayah Tangerang pada jam 14.00 WIB menunjukkan hanya sekitar 30 persen.

Pada siang harinya terjadi konvergensi angin di wilayah sekitar Tangerang yang memiliki tekanan tinggi sehingga suhu cenderung meningkat di wilayah ini. Ditambah lagi, dampak dari fenomena pemanasan global dan perubahan iklim saat ini semakin meningkat.

Bulan Juli 2023 merupakan bulan terpanas yang pernah tercatat selama ini. Secara umum, hal ini tentunya turut berkontribusi pada peningkatan suhu yang terjadi saat ini.

Didi juga menjelaskan bahwa posisi semu matahari akan terus bergerak ke selatan hingga mencapai posisi yang paling selatan di bulan Desember 2023 bersamaan dengan puncak musim hujan, sehingga suhu maksimum harian di Pulau Jawa diharapkan terus menurun.

Setelah itu, posisi semu matahari akan kembali bergerak ke arah utara dan kembali berada di atas Pulau Jawa sekitar Bulan Maret 2024.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi suhu di suatu tempat. Misalnya, adanya uap air yang lebih banyak dapat mendorong proses konveksi dan pertumbuhan awan yang dapat mengurangi radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi dan juga menyebarkan panas ke atmosfer bagian atas dan tempat lainnya. (Red)