Beranda Berita Photo Banyaknya Kerambah Dan Sampah Semakin Terlihat di Sekitar Situ Gintung

Banyaknya Kerambah Dan Sampah Semakin Terlihat di Sekitar Situ Gintung

BERBAGI

Ciputat Timur, Beritatangsel.com – Situ Gintung yang berlokasi di Cirendeu, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang pada 2009 lalu pernah jebol hingga menewaskan sekitar 58 orang lebih telah dibangun kembali tanggulnya. Seperti diketahui tanggul tersebut telah dibangun kembali 2011 pasca jebol pada 2009.

Penyebab tanggul jebol karena  fungsi situ yang berubah. Pemandangan itu pun akhir -akhir ini kembali terlihat.  Menurut Heru Hendratmoko, seorang warga sekitar. “Situ Gintung Minggu (19/3) pukul  17.04 WIB. Makin penuh keramba dan sampah. Apa kabar mbak Airin?” tulisnya dalam twitter. 

Ade Iva Wicaksono  juga mengatakan, dirinya juga mengalami hal yang sama kala melihat Situ Gintung terkini. “Sabtu minggu lari pagi di sana terasa banget semakin kotor sekeliling situ. Mungkin harus ada gerakan masyarakat untuk segera mendesak Pemda,” ujarnya.

Pemkot Tangsel harus disadarkan, jangan sampai lagi peristiwa serupa terjadi karena berubahnya fungsi dari Situ Gintung.
Seperti diketahui, akibatnya  air dengan kapasitas 2 juta meter kubik pada 2009 lalu itu, dapat menghantam ratusan rumah warga hingga rata dengan tanah.

Korban yang tewas kebanyakan saat itu sedang tertidur pulas.  Mereka tidak bisa menyelamatkan diri karena tumpahan air menenggelamkan rumah mereka. Korban yang tewas umumnya keluarga yang rumahnya berjarak 500 meter dari lokasi tanggul. Mereka tewas dan hilang setelah tanggul sepanjang 15 meter Situ Gintung yang berlokasi di RT 01/08 jebol. (*)

Baca Juga :  Guna Menjaga Kerukunan Antar Umat, Kesbangpol Tangsel Gelar Konsolidasi