SDN Pamulang 02, Siswa kenakan Baju Adat Saat Sekolah

banner 468x60

TANGSEL,Beritatangsel.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan telah menerapkan kepada peserta didik wajib menggunakan baju atau pakaian adat di sekolah, kendati hanya pada momen atau waktu tertentu.

Terpantau di SDN Pamulang 02 yang berlokasi di Jalan Kemuning 3, RT 001/ RW 006, Kel. Pamulang Barat, Kec. Pamulang, Warna- Warni Baju adat terlihat begitu indah dan cantik, mulai dari baju adat Betawi, Jawa. Sunda, Sumatra Utara, Padang, Makassar, Sumbawa, Kalimantan dan  lain-lain.

Hal ini karena untuk pertama kalinya Para Siswa dan Siswi Sekolah Dasar Negeri Pamulang 02 melaksanakan kegiatan menggunakan seragam adat khas Nusantara yang dilaksanakan pada Sabtu (26/8/2023).

Terlihat Para guru dan siswa sangat antusias dan semangat mengenakan pakaian adat di lingkungan sekolah saat waktu berlangsungnya proses belajar mengajar.

Kepala SDN Pamulang 02, Arsin  mengungkapkan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menanamkan kepada para siswa rasa cinta terhadap budaya yang ada di NKRI ini.

“Kita berikan pemahaman terhadap siswa, mengenai berbagai adat yang ada di Nusantara sekaligus melestarikannya.”ucap Arsin.

Lanjutnya, di samping tujuannya untuk melestarikan adat nusantara, juga merupakan kesempatan bagi kita memakai pakaian adat. Jadi siswa diberikan ke bebasan ingin memakai pakaian adat mana saja, yang penting pantas dan sopan.

“Dengan adanya kegiatan ini, para siswa bisa termotivasi dan lebih mengetahui apa saja baju adat yang ada di Indonesia, serta dapat mengembangkan baju tersebut,”pungkasnya.

Diketahui sebelumnya kebijakan soal pakaian adat sudah ada pada kebijakan pusat atau dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Di Kota Tangerang Selatan rencananya pakaian adat dikenakan siswa pada minggu ke empat setiap bulannya.

(Rudi)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *