Beranda Pendidikan Mahasiswi PKM Universitas Pamulang Terapkan Kemajuan IPTEK dalam minat Belajar Pengetahuan Luar...

Mahasiswi PKM Universitas Pamulang Terapkan Kemajuan IPTEK dalam minat Belajar Pengetahuan Luar di Yayasan Al-Kamilah

BERBAGI

Beritatangsel.com — Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) sejatinya dapat memudahkan kita dalam proses belajar maupun mengajar, serta banyak manfaat dari belajar menggunakan kemajuan IPTEK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa sesuai UU No 18/ 2002.

Di mana IPTEK sendiri sebagai ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan untuk membangun sebuah kemajuan dalam perkembangan global.

Dari hal itu mendorong Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis melalui program Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) mengusung kegiatan dengan tema “Penerapan kemajuan IPTEK dalam meningkatkan daya minat belajar Santri Pada Pengetahuan Luar” yang dilaksanakan di Yayasan Al-Kamilah, Serua. Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Minggu (21/05/2023)

Tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan bagaimana cara meningkatkan minat peserta pada pengetahuan luar dengan Pemberian materi menggunakan metode penyampaian yang menampilkan Power point sebagai acuan, berdiskusi dengan peserta, serta mengadakan kuis kepada peserta santri/wati Yayasan Al-Kamilah sebanyak 30 santi/wati yang berumur kisaran 8-17 tahun.

Lanjut, Materi yang disampaikan bertujuan untuk membimbing santri/wati untuk mengetahui apa saja kemajuan IPTEK yang telah ada, manfaat dari belajar menggunakan kemajuan IPTEK (Seperti e-learning), serta dampak negatif yang di timbulkan oleh IPTEK itu sendiri.

Kegiatan PKM yang diusung oleh Mahasiswa Program Study Akuntansi S1 yang beranggotakan mahasiswi yang diketuai oleh Salma Adellia Jauza dengan anggota Sahda Sabina Sidik, Siti Nazillah, dan Renatha Widowati dan satu orang pembimbing Ibu Wiwik Hasbiyah AN.,S.H.I.,M.A

Selain itu, diadakannya kegiatan ini bertujuan memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Guruh Purnama Nahkoda Baru DEMA-F Ushuluddin 2019-2020

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Di penghujung acara dibuka sesi kuis berhadiah untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta pada materi yang disampaikan yang diakhiri dengan membagikan snack, penyerahan plakat dan sumbangan kepada Ketua Yayasan Al-Kamilah serta pembacaan doa penutup dan sesi foto bersama.

Harapan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan serta dikembangkan oleh santri/wati yang ada di Yayasan Al-Kamilah.

(/Red)