Beranda Berita Photo Pemkot Tangsel Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Pemkot Tangsel Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

BERBAGI

Tangerang Selatan, Beritatangsel.com — Pemerintah Kota Tangerang Selatan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang dilaksanakan di Lapangan Puspemkot Tangsel, Jum’at (28/10).

Seperti yang diketahui, Sumpah pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

“Peringatan Sumpah Pemuda, pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu yang direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran baik untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” ujar Benyamin Davnie dalam amanatnya.

Hari Sumpah Pemuda diingatkan pada tanggal 28 Oktober dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Sebagaimana Sumpah Pemuda memberikan pelajaran dengan menyikapi perbedaan sikap trimordial, suku, agama, ras, dan culture serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda itu telah menjadi pendakwat menunjukkan kemerdekaan. Peran pemuda yang mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928, yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah melamparkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,” tambahnya.

Untuk itu, peringatan Sumpah Pemuda memiliki arti penting dengan adanya berbagai ancaman. Dengan adanya tema Sumpah Pemuda ini, memiliki pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan, mewujudkan cita-cita sepanjang masa,” kata Benyamin.

Untuk itu, para pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa yang akan datang. Yang dimana, apa yang dilakukan para pemuda sekarang ini akan menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Selain itu, pemuda juga sebagai tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Baca Juga :  Bukber, Temu Kangen Alumni SMK Kihajar Dewantoro Dan Santunan Anak Yatim

“Mandat pemuda saat ini, akan menjadikan nilai-nilai persatuan diatas segala-galanya. Memandang keragaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa, menggapai kejayaan Indonesia,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Pemkot Tangsel mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensial demi membangun kejayaan sepanjang masa.

“Kita patut bersyukur pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak cara pecapaian prestasi diberbagai bidang, yang membanggakan baik dilevel nasional maupun level internasional,” tutup Benyamin dalam sambutannya.

Turut Hadir Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo dan Forkopimda Kota Tangerang Selatan.

(Alan pratama)