Beranda Berita Photo Melihat Keseruan Lomba Tumpang RT 004 RW  012. Sawah Ciputat Tangerang selatan

Melihat Keseruan Lomba Tumpang RT 004 RW  012. Sawah Ciputat Tangerang selatan

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com – Menggelar berbagai perlombaan menjadi tradisi masyarakat untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI. Salah satunya lomba menghias tumpeng yang tergolong unik dan seru. Perlombaan ini melibatkan 4 juri dari 3 kelurahan 1.Ciputat, 2.Cipayung, 3.Kedaung diantaranya ,Ibu Sri Hartati .SPd,SD.Ibu Andri Oktavia ,Ibu Hastuti Lomba menghias tumpeng yang diinisiasi Budaya Nusantara ini digelar ,di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Ciputat. Perlombaan ini diikuti 4 peserta. Selasa, (16/08/2022).

Para peserta terdiri dari 80 kelompok Masing-masing regu terdiri dari 20 setiap regu wajib membawa bahan-bahan tumpeng yang sudah dimasak sebelumnya ke Gedung Serba Guna.(GSG). Mereka lantas diminta merangkai dan menghias tumpeng dalam waktu 60 menit saja. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tumpeng yang cantik bertema HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Perlombaan unik ini disaksikan langsung,Ketua RW,012,BP,Suheri(ICANG) Ketua RT,004/012 Mulyono S,H,MH,Bp,S,Supratman (Guru) sekaligus MC,dalam acara ,yang Tidak bosan bosan menyampaikan /masukan kepada warga sekitar Jl.Roda,untuk tetap Kompak ,Rukun , Bp.ust,Chaeruman Amil kelurahan Sawah,Bp,Dulah Wahid Sesepuh,dan warga dari komplek vila Amartha, 2 , Selanjutnya, para juri menilai setiap tumpeng menggunakan kriteria estetika, filosofi, harmoni, rasa, energi, kreativitas, cerita di balik tampilan tumpeng terkait tema dan kebersihan.

“Alhamdulillah jl.Roda Dengan Kembalinya lagi BP.Mulyono S,H,MH, terpilih menjadi RT,004/012 dan Gedung Serba Guna (GSG) tempat pertama untuk festival tumpeng dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 Ikfina kepada wartawan di lokasi lomba.

S,Supratman (Guru) pertama dijl.Roda RT,004/012 Sawah Ciputat, ini menjelaskan, festival tumpeng yang diisi dengan lomba menghias tumpeng ini menjadi momentum untuk mengenalkan tumpeng sebagai kebudayaan di bidang kuliner. Sehingga para pelajar memahami makna dan filosofi kuliner tradisional itu.

Menurutnya, tumpeng selalu dibuat masyarakat dalam setiap momen syukuran untuk memperingati hari-hari tertentu, termasuk HUT Kemerdekaan RI. Perlombaan ini sengaja digelar di GSG kelurahan Sawah kecamatan Ciputat.

Baca Juga :  SHOLAT JUM'AT MASJID ZAMROD IHSAN AL-AMIN. Jalan Elang lV No. 144 Rt. 004 Rw. 001 Kelurahan Sawah Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan

“Tujuan kami lebih kepada penguatan karakter, agar anak-anak merasa bangga bahwa kita memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan harus ada kebanggaan bahwa negara kita menjadi tuan rumah. Kemudian agar anak-anak lebih mencintai kuliner yang sarat dengan budaya bangsa kita, yaitu tumpeng,” jelas S,Supratman

Festival tumpeng nusantara dijl.Roda 004/12 hari ini juga diisi dengan doa bersama untuk menyambut HUT RI Para pemuka dari berbagai agama melantunkan doa dengan cara masing-masing.Ditempat yang berbeda masih dalam satu wilayah. dIiantaranya RT,002/12 RT,001 RT 005 Doa bersama.

Senada dengan Suheri Ketua RW,012 ,kelurahan Sawah Ciputat juga berharap festival tumpeng ini menjadi sarana melestarikan kebudayaan warisan para leluhur. Ia berharap mewarisi dan menjaga nilai-nilai kebudayaan yang ada.

Ketua Panitia HUT RI 77 Sdr,Aldi .mengajak para pemuda untuk melestarikan tumpeng sebagai kebudayaan bangsa di bidang kuliner. Selain itu, ia berharap para pemuda bangga, dan menyampaikan laporan kegiatan yang sudah terlaksana kepada para undangan warga,RT,004/012

“Tumpeng ciri khas dari nusantara, makanan nusantara yang harus kita kenalkan. Kita sebagai bangsa Indonesia, kita edukasi bersama para pemuda bahwa tumpeng ini masih ada, tumpeng ini mari kita viralkan di setiap kegiatan,” cetusnya

Para pemenang lomba menghias tumpeng langsung diumumkan dewan juri. Pemenang kategori yaitu juara harapan 4 peserta nomor 1(A) dengan nilai 910 peserta nomor 2(B) dengan nilai 970, peserta nomor 3(C) dengan nilai 995 peserta nomor 4(D) dengan nilai 980 sedangkan juara 1 peserta nomor 3 (C) dengan nilai 995. Juara 2 dengan nomor 4 (D)dengan nilai 980, Juara 3, dengan nomor 2 (B) dengan nilai 970.dan untuk juara harapan 4 no 1 (A) dengan nilai 910.

Untuk pemenang Tumpeng 1 Mulyono S,H,MH,Ketua RT,004/012 memberikan hadiah kepada pemenang.dan untuk Juara 2 disberikan oleh BP,Boy perwakilan warga. Vila Amarta 2, untuk juara 3,diberikan oleh BP,Dulah Wahid dan untuk haran 4 diberikan oleh Suheri Ketua RW,012.

Baca Juga :  Dua Truk Fuso Tabrakan di Balaraja

Disela acara Dulah Wahid Memberikan Cindera mata untuk Ketua RT,004 Mulyono S,H,MH, begitu juga Ketua Rt memberikan Cindera Mata kepada Ketua RW, Suheri.

Konsep tumpeng kami nasinya menghadap ke atas menandakan hubungan antara manusia dengan Tuhan. Lauk, sayur dan lainnya menghadap horizontal menandakan hubungan antar manusia, bagaimana kita bisa bergotong-royong dan bekerja sama satu sama lain,” tandas juara 1

Acara ditutup dengan Doa yang di pimpin oleh Ustadz Caeruman Amil kelurahan sawah dan makan bersama untuk para undangan dihibur CAMPUR SARI LINTANG PANJER RINO .pimpinan Begug Supardi. (Hasan)