Beranda agama Empat Hari KUA Pondok Aren Gelar Bimbingan Manasik Jemaah Haji, 93 Calhaj...

Empat Hari KUA Pondok Aren Gelar Bimbingan Manasik Jemaah Haji, 93 Calhaj Siap Diberangkatkan

BERBAGI

Pondok Aren, Beritatangsel.com — Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Aren, Ahmad Pudholli mengingatkan pentingnya sikap disiplin walaupun sudah mengikuti bimbingan dan tetap menjaga kesehatan agar saat di tanah suci dapat melakukan ibadah dengan baik.

Hal ini, disampaikan Ahmad Pudholli saat mengakhiri bimbingan manasik (Bimsik) kepada Calon Jama’ah Haji (Calhaj) asal Pondok Aren di Masjid Ar-Rayhan, Kelurahan Parigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dijelaskan kepala KUA Pondok Aren, Ahmad Pudholli mengatakan bahwa bimbingan manasik haji tingkat kecamatan ini merupakan fasilitas yang diberikan kepada calon jemaah haji selain pembinaan, pelayanan, dan perlindungan.

“Kegiatan dilaksanakan dimulai dari tanggal 26,27,28, sampai dengan tanggal 29 Mei 2022, dan pesertanya sebanyak 93 orang, di buka oleh Camat Pondok Aren oleh Camat Pondok Aren. Alhamdulilah, dihari ke 4 Kepala Kemenag Tangsel, sempat hadir,” ungkapnya. Minggu (29/05/2022).

Ahmad Phudolli mengingatkan pentingnya sikap disiplin dari semua jemaah untuk mematuhi protokol yang telah ditetapkan.
Karena saat ini konteksnya masih pandemi, meskipun sudah banyak kelonggaran.

“Jadi bapak ibu dari sekarang harus sudah menyiapkan apa saja yang perlu dibawa. Yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan. Mulai membiasakan olahraga jalan kaki setiap hari, karena di sana semua tahapan ibadah haji memerlukan stamina yang prima,” pesannya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, Dedi Mahfudin menjelaskan, pada tahun 2022 ini jumlah calon jemaah haji asal Tangsel mencapai 650 yang akan diberangkatkan, 187 orang di antaranya adalah lansia dengan usia 65 tahun ke atas.

“Jadwal jemaah haji Tangsel terbagi menjadi tiga Kloter. Dua Kloter pada gelombang pertama, dan 1 Kloter pada gelombang kedua. Pemberangkatan pertama pada tanggal 11 Juni 2022. Nama-namanya. Insya Allah 1-2 hari ke depan akan segera diumumkan” ujarnya.

Baca Juga :  Puluhan Mahasiswa Demo Kantor DISHUB Kota Tangsel

Menurutnya, kebijakan dari pemerintah Arab Saudi, di tahun ini jemaah ibadah haji dari seluruh dunia tahun ini dipangkas 50%. “Calon haji tahun ini, merupakan jamaah yang tertunda dua tahun lalu karena pandemi. Secara keseluruhan wilayah Banten mendapat kuota sebanyak 4.291 orang dengan kuota cadangan 864 orang,” kata Dedi.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, camat Pondok Aren Hendra menyampaikan ucapan terima kasih kepada KUA Pondok Aren yang telah mengadakan kegiatan Bimsik tersebut. Dirinya juga mohon doa agar para pemimpin khususnya di kecamatan Pondok Aren selalu sehat dan dapat menjalankan amanah dengan baik.

“Saya cuma berpesan saat menjalankan ibadah haji harus meningkatkan kesabaran dan keikhlasan agar dapat melaksanakan ibadah haji secara sempurna dan menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

(Abah Ade).