Beranda Pendidikan Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Bangun Perilaku Peduli Lingkungan Sejak Dini Dengan Memanfaatkan...

Mahasiswa Universitas Pamulang Ajak Bangun Perilaku Peduli Lingkungan Sejak Dini Dengan Memanfaatkan Limbah Botol Plastik

BERBAGI

Beritatangsel.com — Sampah merupakan salah satu permasalahan penyebab pencemaran lingkungan, terutama di Indonesia. Kurangnya kesadaran masyarakat dengan membuang sampah sembarangan merupakan salah satu tindakan yang mengakibatkan permasalahan sehingga timbul bencana seperti banjir dikarenakan sampah yang ada disekeliling kita.

Maka dari itu, pengelolaan sampah terutama limbah botol plastik adalah salah satu cara untuk mengurangi pencemaran lingkungan serta dimanfaatkan menjadi barang yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak karena sampah yang banyak ini penting bagi seluruh kalangan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan dimulai sejak anak-anak dengan harapan akan membawa pengaruh yang baik dimasa mendatang.

Hal ini yang mendasari dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (P(M)KM) yang dilakukan oleh mahasiswa/i Universitas Pamulang dengan mengusung tema Membangun Perilaku Peduli Lingkungan Sejak Dini Dengan Memanfaatkan Limbah Botol Plastik, tepatnya di Taman Baca PEKA, Jl.Srikandi No.34, Pd. Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (10/10/2021).

Tujuan kegiatan yang didasari Tridharma Perguruan Tinggi, yang dimana Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (P(M)KM) ini diketuai oleh Shafly Azmi beserta ketiga rekan lainnya yaitu Eko Pujiyanto, Andriana Rahayu, dan Sri Rahayu Lestari dan dibina langsung oleh Ibu dosen Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M.

Selain itu, Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini dilakukan dalam rangka untuk membangun dan menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan dengan memanfaatkan botol plastik menjadi barang yang berguna.

Baca Juga :  Memasuki Tahun Ajaran Baru 2024 - 2025 Sekolah Nurul Iman Islamic School Berikan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi Dan Anak Yatim Mendapatkan Keringanan Biaya Pendidikan

Contohnya yaitu membuat kreasi tempat pensil (alat tulis) dan vas bunga dengan bantuan hiasan menggunakan cat serta kertas origami.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan diawali dengan pemberian materi kepada anak  anak tentang pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan sekitar sejak dini. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan utama, yakni mewarnai dan menghias botol plastic bekas yang sudah disiapkan panitia, menjadi tempat pensil dan vas bunga pada anak  anak se-kreatif mungkin.

Melihat antusias anak-anak pada kegiatan utama, Panitia pun ikut terjun untuk membantu anak  anak dalam mewarnai dan menghias botol bekas tadi. Alhasil, kegiatan utama tadi menghasilkan berbagai kreasi (output) dengan jumlah yang cukup banyak.

Di pengujung acara, kegiatan ini diakhiri dengan melakukan sesi foto dengan seluruh anak  anak dan Pembina, lalu memberikan berbagai bingkisan sebagai bentuk terimakasih dan apresiasi atas antusias anak  anak Taman Baca PEKA.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini. diharapkan ilmu yang kami sampaikan melalui kegiatan ini dapat bermanfaat untuk anak  anak, sehingga nantinya dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari  hari dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Artikel : Kelompok Mahasiswa Universitas Pamulang