Beranda Berita Photo Mahasiswa Universitas Pamulang Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Seni Membatik Secara Tradisional Di...

Mahasiswa Universitas Pamulang Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Seni Membatik Secara Tradisional Di Masa Pandemi

BERBAGI

Beritatangselcom — Di masa pandemi Covid – 19, masyarakat dihadapkan pada berbagai tantangan, baik ekonomi, sosial dan budaya, Kondisi tersebut membuat pemerintah menerapkan kebijakan baru New Normal.

New Normal merupakan perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid – 19.

Hal ini mendorong masyarakat untuk lebih gencar dalam menerapkan langkah – langka pencegahan terjadinya penularan Covid – 19, seperti Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.

Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Menumbuhkan Kreatifitas dan Produktivitas Pada Anak – Anak Melalui Kerajinan Membatik Secara Tradisional Di Masa Pandemi ” di Kampung Curug Wetan RT 001/RW 02, Kelurahan/Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Pada Minggu (17/10/2021).

Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang diketuai oleh Herni Diana Ambara, dan anggotanya Fisi Yunitasari, Putri Ayu Kemuning, dan Rizka Aulia Rahmi di bimbing langsung oleh Ibu Henni Rahayu Handayani S.H, M.H. selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat direspon dengan baik oleh Ibu Indrawati sebagai Ibu Rw 02 Kampung Curug Wetan yang diawali dengan sambutan dari perwakilan Ketua tim PKM kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Pamulang yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman Menumbuhkan Kreatifitas dan Produktivitas Pada Anak – Anak Melalui Kerajinan Membatik Secara Tradisional Di Masa Pandemi.

Baca Juga :  Gelar Festival Situ Gintung, Wakil Wali Kota Tangsel : Ini Untuk Meningkatkan Ekonomi dan Pariwisata

Kegiatan yang diawali pemaparan materi mengenai batik dengan memberikan pengetahuan mengenai apa itu batik, jenis-jenis batik, ragam motif batik yang dimiliki Indonesia, mengenalkan alat – alat yang digunakan dalam batik.

Selanjutnya memberikan praktik membuat batik tulis kepada anak – anak dengan sistem kelompok sebagai bentuk menumbuhkan kerja sama tim pada anak – anak.

Batik salah satu karya seni yang menjadi kekayaan budaya bangsa Indonesia dan banyak dikagumi khalayak dari berbagai penjuru dunia, maka budaya ini perlu diturunkan kepada generasi muda sebagai upaya melestarikan budaya bangsa.

Selain itu para mahasiswa juga mengadakan lomba mewarnai gambar batik dan kuis mengenai batik, hal ini dilakukan untuk mengetahui anak – anak agar memahami materi yang kami berikan di awal kegiatan hingga diakhir kegiatan, diakhir kegiatan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap anak – anak Kampung Curug Wetan.

Semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan Anak – Anak Menumbuhkan Kreatifitas dan Produktivitas Melalui Kerajinan Membatik Secara Tradisional.

(Red/Alan Pratama)