Beranda Berita Photo Kreatif! Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Barang Bernilai...

Kreatif! Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang Ubah Limbah Botol Plastik Menjadi Barang Bernilai Seni dan Jual Tinggi

BERBAGI

Depok, Beritatangsel.com — Berpedoman Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Pamulang (UNPAM) Program Studi Akuntansi S1 Tahun 2021, Kelompok Mahasiswa Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi Melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di Yayasan Sosial Dan Panti Asuhan Yatim Al-Kamilah Depok.

Dilakukannya kegiatan ini bertujuan memberi pengajaran serta ilmu pengetahuan kepada masyarakat, Hal ini diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini berbunyi: perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Botol Plastik Untuk di Jadikan Tempat Pensil Hias Yang Bernilai Seni Dan Jual.” Diharap kita dapat memanfaatkan nya menjadi barang yang berguna serta dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang menumpuk.

“Kenapa harus limbah Plastik?,” Karena pesatnya Penggunaan plastik dalam kehidupan modern menyebabkan tingkat ketergantungan manusia  pada  plastik semakin  tinggi.  Hal tersebut    disebabkan    plastik    merupakan bahan  pembungkus    ataupun  wadah  yang praktis dan kelihatan bersih, mudah didapat, tahan  lama,  juga  murah  harganya.

Selain itu, kebiasaan masyarakat sebagai konsumen yang selalu menghasilkan limbah yang mengakibatkan terus adanya penumpukan yang berdampak bagi  Kesehatan dan Lingkungan.

Maka dari itu, Mahasiswa Universitas Pamulang mengajak anak-anak Yayasan Al-Kamilah Depok untuk memanfaatkan limbah botol plastik sebagai sarana belajar yang dimana limba ini akan disulap menjadi tempat pensil, hiasan meja, dan pot bunga yang bernilai seni serta memiliki nilai jual tinggi

Lanjut, acara dibuka pukul 08.30 WIB dengan sambutan ust. Badruddin S.Ag., M.M. selaku Ketua Yayasan Al-Kamilah Depok yang dilanjutkan dengan sambutan kedua oleh Bapak Haryono, S.H., M.M., M.H. selaku Dosen Pembimbing serta pengenalan 4 mahasiswa Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Universitas Pamulang, yang diketuai oleh Jaenal Rizki bersama Filda Sylviana, Indah Majidah dan Melti.

Baca Juga :  Mahasiswa Universitas Pamulang Berikan Pembekalan Keterampilan dari Barang Bekas di Asrama Griya Yatim dan Dhuafa Permata Pamulang

Memasuki acara inti, peserta diberikan materi tentang bagaimana Tips pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Sebaiknya jangan memanaskan makanan yang  dikemas  dalam  plastik,  khususnya pada    microwave    oven,    yang    dapat mengakibatkan  zat  kimia  yang  terdapat pada    plastik    tersebut    terlepas    dan bereaksi dengan makanan sehingga perlu diberi      pembungkus   makanan   dengan daun  pisang  atau  kertas    ketika  akan dipanaskan di microwave oven.
  2. Gunakan kemasan berbahan kain stainless steel atau kaca untuk menyimpan makanan atau minuman.
  3. Dalam  kesehaarian  pakailah alat  makan berbahan  stainless  steel,  kaca,  keramik, dan kayu.
  4. Terapkan, sebarkan dan ajaklah  setiap orang dilingkungan kita untuk  mengimplementasikan cara sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Disaat pemberian materi berlangsung, Panitia melakukan sesi Tanya jawab dan memberikan kesempatan peserta untuk menjawab pertanyaan dari panitia, setelah selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan praktik pembuatan karya oleh peserta.

Di penghujung acara, Jaenal Rizki menyampaikan, “ Tujuan dari kegiatan yang kami lakukan adalah mengedukasi peserta tentang pentingnya menjaga lingkungan, selain itu berbagi ilmu cara kreatif untuk mendaur ulang botol plastik menjadi tempat pensil, agar sampah yang dihasilkan tidak serta merta hanya dibuang saja, namun bisa menjadi barang yang memiliki daya guna. lalu kegiatan di akhiri dengan sesi foto Mahasiswa-Mahasiswi dengan adik-adik Yayasan, dan segenap pengurus Yayasan.

Artikel : Mahasiswa PMKM Universitas Pamulang