Beranda Berita Terkini Mahasiswa/I Universitas Pamulang Ajak Murid SMPN 4 Melaya, Bali Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan...

Mahasiswa/I Universitas Pamulang Ajak Murid SMPN 4 Melaya, Bali Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini Melalui Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19

BERBAGI

Bali, Beritatangsel.com – Saat ini dampak pandemi Covid-19 kini menjadi masalah krusial dalam perekonomian Indonesia dan menyebabkan tingginya angka pengangguran karena kehilangan pekerjaan.

Perhatian pemerintah pada pengangguran seringkali terpinggirkan. Hal ini mengisyaratkan bahwa skenario pemulihan ekonomi pasca pandemik Covid-19 belum dapat untuk membuat terciptanya lapangan kerja baru. Situasi ini dapat terlihat dari presentase pengangguran (baik secara paksa maupun sukarela) yang masih tetap tinggi.

Selain itu, Dampak yang sangat terasa dan mudah sekali dilihat adalah melemahnya konsumsi rumah tangga atau melemahnya daya beli masyarakat secara luas.

Hingga saat ini, masyarakat mengalami penurunan daya beli yang sangat signifikan. PPKM yang terus berlanjut dengan berbagai aturan pengetatan menghambat masyarakat untuk beraktifitas ekonomi.

Regulasi pengetatan diberbagai sektor dari aturan PPKM memberikan pengaruh terhadap naik turunnya sektor ekonomi.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah diharapkan mampu memberikan terobosan untuk dapat memberikan solusi agar kemampuan daya beli masyarakat tetap dapat bertahan.

Khususnya di Bali, sebanyak 85% pelaku UMKM pada beberapa waktu lalu, terpaksa gulung tikar lantaran terus mengalami penurunan ekspor penjualan dan tidak mampu bersaing dengan produk-produk dari luar.

Hal itulah yang melatar belakangi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa/I Universitas Pamulang yang bertujuan untuk mengembangkan kerajinan Bali dan memberikan pemahaman kepada anak-anak agar dapat mengerti tentang cara berwirausaha dengan sistem marketing online.

sesi pemaparan materi oleh Mahasiswa Universitas Pamulang

Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, (22/10/2021), mengangkat tema “Pengembangan Kerajinan Bali Dengan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini Melalui Digital Marketing Dimasa Pandemi Covid-19” yang bertempat di SMP Negeri 4 Melaya, Gilimanuk, Bali.

Diadakannya kegiatan ini berlandaskan Tridharma Perguruan Tinggi.

Dimana, Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk sekadar belajar, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Koramil 07 Pondok Aren, Ajak Santri Kerja Bhakti, Jelang Bulan Ramadhan Di Mushola Al- Hikmah

Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Artinya Seluruh sivitas akademika wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma Perguruan tinggi yang diperkuat dengan adanya UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9.

Dalam pelaksanaannya, Kelompok mahasiswa Universitas Pamulang yang diketuai oleh Desfita Fetiyaningrumi Pratiwi didampingi oleh rekannyaMuhamad Ahrizal Muslim, Novem Elyesyah siregar dan Saepul Nopianto yang dibimbing langsung oleh Dosen Universitas Pamulang Listya Sugiyarti SE., M.M yang membantu memberikan ide tentang peluang untuk berwirausaha dimasa pandemi covid-19. Dengan cara menjadikan keterampilan bali menjadi peluang usaha.

Dalam kegiatan tersebut, banyak sekali keterampilan bali yang bisa menarik minat para pengunjung, mulai dari gelang, anyaman, lukisan yang sangat bagus untuk dijadikan usaha.

Dengan adanya kegiatan pegabdian mahasiswa kepada masyarakat, Mahasiswa berharap, murid SMPN 4 Melaya dan warga sekitar mengetahui tentang bagaimana cara memulai bisnis online dimasa pandemic dengan memanfaatkan platform digital dan memperkenalkan serta melestarikan kerajinan Bali hingga bias dijangkau oleh seluruh dunia.

Artikel : Mahasiswa/I Universitas Pamulang