Beranda Berita Terkini SDC Banten bersama PT. Trengginas Jaya Sentosa Bergerak Menekan Angka Pengangguran dengan...

SDC Banten bersama PT. Trengginas Jaya Sentosa Bergerak Menekan Angka Pengangguran dengan menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )

BERBAGI

TANGSEL,Beritatangsel.com – Skill Development Centre ( SDC ) Banten dan PT. Trengginas Jaya Sentosa bersinergi untuk menekan angka pengangguran Banten dengan Fasilitasi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang ada disekitar wilayah Banten untuk mendirikan Teaching Factory ( TEFA ) dalam bidang bisnis retail yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan retail besar di Indonesia.

Untuk mewujudkan sinergi ini Skill Development Centre, ( SDC ) Banten bersama dengan PT. Trengginas Jaya Sentosa melakukan Sosialisasi dan pembinaan terhadap 5 sekolah SMK yang diselenggarakan di Kantor PT. Trengginas Jaya Sentosa ( TJS ) yang berada di East Tower Ayoma Residence R1A – R1B, Jl. Raya Ciater, Serpong – Tangerang Selatan, Banten, Sabtu ( 28/05/2021 ).

Direktur Eksekutif SDC Banten, Muhammad Khozin mengatakan bahwa Pendirian Teaching Factory ( TEFA ) bidang bisnis retail di 5 SMK ini merupakan langkah kongkrit untuk meningkatkan Daya Saing dan Keterserapan alumni SMK sekaligus melahirkan wirausaha muda di sektor bisnis retail. Dan apabila kita mampu kembangkan TEFA ke 60 % dari total SMK BISMEN di Banten Insyaallah upaya ini akan membuat SMK secara bertahap bisa mengurangi perannya sebagi penyumbang pengangguran di Banten.

” Kami bersyukur PT. Trengginas Jaya Sentosa sebagai pihak swasta merasa terpanggil untuk mendukung ikhtiar ini dengan menyiapkan dana penyertaan sebesar lebih Kurang 75 % dari total kebutuhan pendirian tiap TEFA demi lahirnya SDM Unggul Banten di bidang bisnis Retail.” ungkap Khozin

5 SMK sebagai penerima manfaat dari kolaborasi antara SDC Banten dan PT. Trengginas Jaya Sentosa adalah : SMK Kirana Talenta, SMK Permata Kemiri, SMK Gema Bangsa, SMK Wipama, dan SMK Al – Fattah.

” Mengetahui adanya Teaching Factory ( TEFA ) dalam bidang bisnis retail ini kami sangat senang dan antusias karena program TEFA akan meningkatkan kompetensi siswa melalui Transfer of Knowledge, Transfer of Technology serta Character Building ( Mental Kerja ). Hal ini memungkinkan para alumni anak didik kami setelah lulus bisa diterima di dunia usaha dan industri bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan ” terang salah satu Peserta dari perwakilan salah satu sekolah SMK yang namanya tidak mau disebutkan

Baca Juga :  85 Kepala Desa Ikut LDK, Bupati Tangerang Ingatkan Hati - Hati Gunakan Media Sosial

Sementara itu Komisaris PT. Trengginas Jaya Sentosa, Esti Sulistyasari dengan didampingi oleh Elya E Praswanty selaku Direktur Utama, dan Sepriyadi Suparmo selaku Direktur menyampaikan, melalui program TEFA yang bekerjasama dengan SDC Banten ini kami bertujuan mencetak anak – anak lulusan SMK bisa menciptakan lapangan kerja sendiri salah satunya di bidang retail. Insha Allah sesuai kemampuan yang ada , kami akan selalu berusaha beri kontribusi terhadap permasalahan pengangguran di Banten terlebih ditengah hadapi kesulitan akibat dampak pandemi Covid – 19 ini.

” Semoga apa yang kita harapkan ini khususnya melalui program TEFA ini dapat bermanfaat dan berkah untuk semua ” harap Esti Sulistyasari

Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Bapak H. Ruslan dari unsur KCD Pendidikan Kab. Tangerang. Beliau menyambut baik Terobosan ini karena hal ininsangat relevan dengan upaya dinas pendidikan provinsi untuk menjawab klaim bahwa SMK penyumbang pengangguran di Banten.

Info yang beritatangsel himpun, SDC merupakang forum kolaborasi yang dibentuk oleh Bappenas dengan dukungan pemerintah Australia melalui program Kompak.