Beranda Berita Terkini Menuju Keluarga Mandiri, Dosen UNPAM Berikan Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Pengenalan Dasar-dasar...

Menuju Keluarga Mandiri, Dosen UNPAM Berikan Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Pengenalan Dasar-dasar Investasi

BERBAGI

CILEDUG, BERITATANGSEL.COM — Para dosen civitas akademika Universitas Pamulang melaksanakan salah satu dari 3 Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

dengan mengusung Tema, “Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Pengenalan Dasar-dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri”. Diharapkan mampu Membantu menjadikan hidup kearah yang lebih baik.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 4-6 Desember 2020 ini bertempat di RW 08, Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug Kota Tangerang.

Dipilihnya Ibu-ibu di RW 08, Kelurahan Sudimara Barat sebagai kegiatan PKM karena sangat tepat sasaran dengan judul diatas, dimana peran ibu /istri sebagai “Menteri Keuangan” yang bertugas mengelola keuangan / penghasilan dari suami. 

Peran ibu/ istri sebagai Ummu Ilmi bukan hanya harus pandai mendidik namun juga harus mampu mengelola keuangan keluarga. Perencanaan keluarga dibutuhkan  agar tujuan pengelolaan keuangan keluarga dapat tercapai secara efektif, efisien dan bermanfaat. 

Dimana Dasar-dasar pengelolaan keuangan keluarga yang diberikan kepada para ibu di RW 08 Kelurahan Sudimara Barat, Pertama, pada saat mendapatkan penghasilan/ gaji utamakan untuk membayar kewajiban/ hutang lebih dulu; 

Dan yang Kedua, menyisihkan sebagian rezeki untuk zakat/ sumbangan keagamaan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena atas karunia-Nya keluarga dapat melakukan aktivitas dengan lancar tanpa kekurangan; 

Serta yang Ketiga, menyisihkan 10% dari penghasilan/ gaji untuk ditabung/ investasi dan tidak membiasakan menunggu ada sisa baru menabung, 

Dan terakhir Keempat, sisa penghasilan / gaji baru digunakan untuk kebutuhan rutin rumah tangga.

Langkah-langkah tepat perencanaan keuangan keluarga, yaitu: Kenali Kondisi Keuangan, maksud pernyataan ini adalah berapa penghasilan/ gaji yang diperoleh dan apa saja yang dibutuhkan; Tentukan Keinginan, kebutuhan keluarga tidak terbatas akan tetapi penghasilan/ gaji terbatas oleh karena itu keluarga harus dapat memprioritaskan kebutuhan mana yang lebih penting; Tentukan Kebutuhan Utama, maksud pernyataan ini adalah utamakan kebutuhan yang utama bukan keinginan utama, misalkan kebutuhan akan pangan, biaya sekolah dan tempat tinggal.

Baca Juga :  Dinkes Sebut, Balita Alami Gizi Buruk

Investasi merupakan salah satu bentuk dari perencanaan pengelolaan keuangan keluarga. Memahami dasar-dasar investasi, sangat dibutuhkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Di era digital saat ini diberikan keleluasaan kepada para investor untuk dapat mulai berinvestasi dengan sangat mudah, bahkan dengan modal kecil sekali pun. 

Namun, tetap harus memiliki sikap kehati-hatian dalam  memilih instrumen dan platform yang tepat untuk berinvestasi. Investasi dapat dilakukan dengan menabung uang, menabung emas, membeli Surat Utang Negara dan Obligasi Ritel Indonesia.

Dengan adanya kegiatan PKM ini membantu ibu rumah tangga memiliki perencanaan dalam mengelola keuangan keluarga menuju keluarga mandiri dan sejahtera.(Red/Rilis)

Tulisan ini dikirim oleh Dosen UNPAM Tsarina Zenabia dan diterima redaksi pada rabu, 16/12/20.