Beranda Berita Photo Pentingnya membuat perencanaan keuangan,DWP gelar pelatihan

Pentingnya membuat perencanaan keuangan,DWP gelar pelatihan

BERBAGI

TANGSEL.BERITATANGSEL.COM- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Pelatihan Perencanaan Keuangan Bagi Anggota DWP Tangsel di Aula Kecamatan Ciputat, Tangsel pada Selasa, 23 April 2019.

Menurut Ketua DWP Tangsel Endah Muhamad, segala sesuatu yang dilakukan seseorang akan lebih terarah apabila menggunakan perencanaan. Karena perencanaan yang detail sangat diperlukan bagi siapapun yang ingin lebih cepat dan efektif menggapai tujuan.

“Demikian halnya di dalam keluarga juga membutuhkan perencanaan di bidang apa saja, terutama keuangan. Keadaan keuangan keluarga bisa dipengaruhi dari penghasilan suami dan istri jika keduanya bekerja,” ungkap Endah.

Tentunya segala hal dengan perencanaan yang baik akan membuahkan pencapaian hasil yang maksimal. Apapun yang dilakukan oleh seseorang perlu direncanakan agar segala sesuatunya menjadi teratur dan bisa berjalan sesuai dengan perkiraan.

“Segala hal yang berhubungan dengan keuangan juga perlu direncanakan dengan matang dan baik. Jika kita tidak memiliki perencanaan keuangan, tentunya hal tersebut akan derdampak negatif, misalnya tiba-tiba uang sudah mau habis tetapi tanggal gajian masih lama,” bebernya.

Penganalisisan pengeluaran sangat diperlukan agar jumlah keperluan sesuai dengan pendapatan. Sebesar apapun penghasilan seseorang, apabila ia tidak mengontrol jumlah pengeluarannya, maka akan mengakibatkan beberapa kebutuhan yang seharusnya dapat terpenuhi jadi tidak bisa terpenuhi.

“Adanya perencanaan dapat membantu seseorang untuk merencanakan jumlah pengeluarannya sesuai dengan penghasilan yang diperolehnya. Seseorang yang tak memiliki perencanaan keuangan yang baik tentu pengeluarannya tidak akan terkontrol,” jelas Endah.

Akibatnya, seseorang menjadi boros karena keuangannya tidak terencana dengan baik. orang yang memiliki perencanaan keuangan yang baik dapat menentukan tujuan keuangan yang hendak dicapai dengan penghasilannya.

“Pentingnya membuat perencanaan keuangan dalam sebuah keluarga adalah untuk melindungi seluruh anggota keluarga dari kebutuhannya masinga masing. Contohnya, orangtua tidak akan kewalahan untuk meng-cover biaya pendidikan anaknya bila mereka membuat anggaran untuk spp, uang les, dan lainnya,” kata Endah.

Pengelolaan keuangan yang terencana akan membuat sebuah keluarga memiliki tabungan untuk masa depan, entah itu untuk kepemilikan rumah, biaya anak saat memasuki tahun ajaran baru, dan lain sebagainya. Rencana keuangan juga dapat menjamin anggota keluarga untuk memenuhi semua kebutuhannya dengan baik.

“Oleh karena itu, diharapkan para peserta dapat menyimak dengan baik apa yang disampaikan narasumber yang memberikan tips pengelolaan keuangan yakni keluarga yang baik dan terencana. Sehingga mereka bisa mempraktekannya sehari-hari,” bebernya. (Humas-Kominfo)