Beranda Berita Terkini Sekretaris DPRD Resmi Dilantik, Begini pesan walikota tangsel

Sekretaris DPRD Resmi Dilantik, Begini pesan walikota tangsel

BERBAGI

TANGSEL, BERITATANGSEL.COM – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany melantik Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dibalaikota Puspem Kota Tangsel pada Selasa, 23 April 2019.

Dalam pelantikan tersebut, dimana Chaerul Saleh menggantikan Dani Bina Satria.

Sebelumnya Chaerul Saleh menJabatan menjabat sebagai Kepala Satpol PP, Sedangkan, Dani Bina Satria menjabat pelaksana tugas (plt) menggantikan Syamsudin yang memasuki masa pensiun.

Dalam sambutannya, Airin berpesan, kedudukan sekretaris DPRD sama dengan jabatan pimpinan tinggi Pratama lainnya atau pimpinan OPD. Namun, jabatan sekretaris DPRD memiliki karakteristik tersendiri yang perlu mendapatkan perhatian.

“Sekretaris DPRD adalah jabatan lingkup eksekutif yang menjalankan tugas sehari-hari dengan lembaga legislatif,” kata Airin.

Secara Kelembagaan, Sambung Airin, Sekretaris DPRD adalah unit kerja yang bertugas memberikan support atau dukungan dan fasilitasi lembaga legislatif.

“Keberhasilan DPRD dalam menjalankan perannya akan dipengaruhi tupoksi Sekretaris DPRD,” ujarnya.

Artinya, lanjut Walikota, peran sekretariat DPRD mempunyai peran penting dan strategis. Meski demikian, satu hal yang tetap harus diingat adalah sebagai bagian dari eksekutif, sekretariat DPRD harus tetap mengikuti prinsip birokrasi seperti garis hirarki dan koordinasi.

“Sekretaris DPRD harus mampu bekerja secara proposional, Seimbang dan selaras,” terangnya.

Orang Nomor satu di Tangsel itu juga menekankan sekretaris DPRD yang baru untuk segera menyesuaikan diri dengan jabatan baru. Seorang ASN harus senantiasa siap untuk ditempatkan dimana pun.

Selain itu, Airin berpesan jangan biasakan kerja santai dan jangan buang waktu percuma.

“Roda organisasi, proses birokrasi tidak boleh berhenti hanya karena adanya pergantian personil,” tandasnya. (Humas-Kominfo)