Beranda Berita Terkini Pasca Tsunami Selat Sunda; HMB Jakarta Berikan Program Ke Pemerintah Provinsi Banten

Pasca Tsunami Selat Sunda; HMB Jakarta Berikan Program Ke Pemerintah Provinsi Banten

BERBAGI

BERITATANGSEL.COM(Berita),- Menjelang Rapat Koordinasi dengan Kementrian Pariwisata, HMB Jakarta berikan rekomendasi program perihal pemulihan Ekonomi masyarakat pesisir pasca tsunami Selat Sunda yang menghantam wilayah di Banten kepada Pemerintah Provinsi Banten.

Program pemulihan mata pencaharian di laut Banten adalah buah inisiatif dari hasil kajian HMB Jakarta melalui Tim Kajian “Banten Beach Livelihoods Recovery Programme” guna membantu masyarakat pesisir Banten yang terkena dampak tsunami Selat Sunda.

Sekretaris Umum HMB Jakarta, Rizki Irwansyah mengatakan, Terhitung lebih dari dua pekan ini, pasca tsunami Selat Sunda yang menghantam wilayah pesisir Banten mengakibatkan aktifitas di laut dan pantai mati total. Selain meninggalkan trauma psikis yang mendalam bagi masyarakat pesisir, peristiwa itu juga mengakibatkan terputusnya mata rantai ekonomi masyarakat Banten.

“ Terputusnya mata rantai ekonomi masyarakat Banten harus di sikapi dengan jelas”, ujarnya Rizki Irwansyah

Menurut Sekertaris Dinas Pariwisata Banten, Widiyo, program yang di tawarkan oleh Tim Kajian HMB Jakarta, sejalan dengan rencana Dinas Pariwisata Provinsi Banten menghadapi pasca tsunami Selat Sunda di Banten.

“ Saya apresiasi kerja keras Tim Kajian HMB Jakarta dalam upaya memulihkan matapencharaian masyarakat pesisir Banten. Rekomendasi yang di berikan temen-temen mahasiswa sangat In line dengan rencana Dinas Parawisata Provinsi Banten”, Ujarnya, Widiyo

Sehinggga temen-temen berhak mengikuti Rapat Koordinasi Kementrian Pariwisata yang akan di laksanakan di Hotel Marbela-Anyer, lanjutnya Widiyo

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Fahri mengatakan, Banten Beach Livelihoods Recovery Programme bisa membantu Pemerintah Provinsi Banten dalam membangkitkan ekonomi masyarakat pesisir Banten yang terpuruk. Dan aktifitas di pesisir pantai Banten bisa pulih dengan cepat.

”saya berharap Banten Beach Livelihoods Recovery Programme mampu memberikan pencerahan kepada pemerintah Provinsi Banten dalam membangkitkan ekonomi masyarakat pesisir di Banten”

Baca Juga :  Penemuan Mayat Laki-Laki Terbungkus Kantong Plastik Gegerkan Warga Kampung Babakan Barat

Berikut Program yang ditawarkan oleh Tim Kajian HMB Jakarta:
Program jangka pendek:
A. Meminta BMKG untuk mengeluarkan pernyataan resmi bahwa laut Selat Sunda sudah aman
B. BMKG segera melakukan pemasangan alat pendeteksi tsunami di laut Selat Sunda.
C. Optimalisasi Nelayan dan Petani
D. Pembukaan lowongan kerja bagi masyarakat terdampak tsunami.

Program jangka panjang;
A. Membuat regulasi kebijakan untuk melakukan promosi besar-besaran destinasi wisata laut Banten
B. Pelatihan dan pembinaan pedagang; membentuk pedagang ramah wisata
C. Adanya regulasi untuk menata ulang kawasan wisata
D. Penanaman pohon mangrove. (Admin)