Beranda Berita Photo Sultan Sumbawa: Kita Jaga Bahasa dan Adab Sebagai Orang Sumbawa

Sultan Sumbawa: Kita Jaga Bahasa dan Adab Sebagai Orang Sumbawa

BERBAGI

Ciputat, Beritatangsel.com – Sultan Sumbawa Muhammad Kaharudin IV mengatakan identitas kita sebagai orang sumbawa dalam arti kata kabupaten Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat adalah satu.

“Sudah sepatutnya harus kita jaga, termasuk bahasa, dan cara beradap kita sebagai orang sumbawa (tau samawa-bahasa daerah). Bukan suatu hal yang akan membuat kita melupakan tentang bagaimana marwah, harkat dan martabat tanah desa (tanah sumbawa-red), ” ujar Sultan saat ditemui Beritatangsel di Ciputat, Kota Tangsel, Minggu (8/7/2018).

Ia juga berpesan terhadap mahasiswa sumbawa yang merantau untuk menuntut ilmu. Pertama, menuntut ilmu harus tuntas, kedua bahwa kita sebagai orang sumbawa (putera dan puteri daerah yang menuntut ilmu dijakarta, harus aktif bersosialisasi kepada mahasiswa dari daerah lain(saling berbaur) dan saling memperkenalkan budaya,dan jangan sampai meninggalkan budaya.

“Yang ketiga harus bisa mengkaji dan menciptakan kontribusi kepada daerah, jangan hanya sekedar duduk manja dibangku perkuliahan, ” tambahnya.

“Dalam meraih suatu cita-cita, kita tidak perlu pulang ke sumbawa. Karena ketika kita belum bisa meraih sesuatu ditanah sendiri, maka cobalah untuk berlayar kepulau seberang, ” ujarnya. (Gian)

Baca Juga :  Kehadiran Kader Kesehatan Sangat Penting Dalam Jalannya Kegiatan Pelayanan Kesehatan