Beranda Berita Photo Pemberdayaan Perempuan Jadi Misi PKM Unpam Di Bogor

Pemberdayaan Perempuan Jadi Misi PKM Unpam Di Bogor

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com– Sebagai bentuk tanggung jawab sebagai civitas akademik dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Program Studi (Prodi) Manajemen dan Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan FKIP Universitas Pamulang (Unpam) adakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat di Kampung Legok Ngenang, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Minggu (8/7), bertemakan “Pemberdayaan Perempuan Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga”.

Acara yang diselenggarakan oleh belasan dosen dan beberapa mahasiswa Unpam ini dihadiri langsung oleh Wakil Rektor II
Universitas Pamulang
Dr. Subarto, dan Kegiatan ini sepenuhnya di dukung oleh Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), Dr. Ali Maddinsyah dan Kepala Desa Sukamulya H. Suganda, HM.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Acara Dr. I Nyoman Marayasa mengatakan bahwa perempuan khususnya ibu rumah tangga adalah tolak ukur keberhasilan sebuah keluarga, untuk itu di zaman globalisasi ini setiap perempuan harus memiliki keterampilan yg bisa meningkatkan atau memberikan kontribusi terhadap perekonomian keluarga.

“Untuk kedepannya para dosen Unpam khususnya program studi manajemen dan pendidikan ekonomi akan memfasilitasi kebutuhan peningkatan pemberdayaan perempuan dengan pihak terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II
Unpam, Dr. Subarto mengatakan, Unpam hadir ingin memberikan pemberdayaan ibu rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Salah satunya kami meminta mengidentifikasi apa kebutuhan dari ibu-ibu di lingkungan wilayah kampung Legok Ngenang yang insyaallah Kami akan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan tersebut untuk kehidupan masa datang yang lebih baik lagi Kami merasa senang dan berterima kasih kepada ketua RT. 02. RW. 07 Bapak Kuat Waluyo
Menerima dengan baik,” paparnya.

Acara tersebut juga menghadirkan beberapa Narasumber yang diantaranya; Kholidah Tamami, S.IP., M.Si, Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M dan Irmal, S.E., M.M. serta Firdaus, S.E., M.M dan Kusnan Kertawijaya, S.Sos., M.M turut serta mendukung kegiatan ini

Baca Juga :  Lomba Karoeke : PAPPRI dan d’Voice Cari Bintang Baru

Kholidah Tamami dalam paparan materinya menjelaskan, stress pada perempuan salah satunya diakibatkan karena kurang gerak.
Kekerasan yang terjadi pada perempuan sebenarnya juga dikarenakan kurangnya aktifitas.

“Aktivitas-aktivitas kecil bisa membantu mengurangi tingkat stress,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Endang Sugiarti, Menambahkan kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali tetapi untuk berkelanjutan dimana kita akan membina 1 RT. Sebagai model sampai menghasilkan output yg bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya untuk memberdayakan ibu2 usia muda dalam membantu meningkatkan ekonomi keluarga

Serupa dengan Kholidah dan Endang, Irmal menambahkan bahwa ibu-ibu harus bisa berwirausaha mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar seperti memulai kegiatan UKM untuk menambah income keuangan.

Kuat Waluyo ketua RT setempat ketika diwawancarai mengaku senang mendapat kunjungan dari Universitas Pamulang, beliau menginginkan ibu-ibu dilingkungannya mendapat pembinaan.

“Saya mohon kegiatan ini berkelanjutan untuk membina ibu-ibu disini, untuk membuka usaha dan diajarkan bagaimana cara memasarkannya sehingga dapat menambah pendapatan keluarga,” ujarnya.

Koordinator acara Denok dan Arga merasa puas, PKM kali ini berjalan dengan lancar

Acara yang dipandu oleh Erlita dan Gunartin ditutup dengan pembacaan doa oleh Ust. Faturohman selaku ketua DKM Masjid Al Mubarokah, Kampung Legok Ngenang, Desa Sukamulya, Rumpin, Bogor. (Bal)

Bagikan :