Beranda Berita Terkini Disperindag Tangsel Memberikan Pelatihan GMP Kepada Kelompok Usaha

Disperindag Tangsel Memberikan Pelatihan GMP Kepada Kelompok Usaha

BERBAGI

CIPUTAT TIMUR, BeritaTangsel.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberi kan pelatihan good manufacturing practice (GMP) kepada kelompok usaha bersama yang ada dikawasan Pasar Ciputat, bertempat di Fifo, Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, Senin (7/5).

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program RPJMD Tangsel untuk membuat kelompok usaha bersama.

Target RPJMD Tangsel setahun itu ada 50 kelompok usaha bersama dengan wirausaha baru dapat terwujud, untuk itu Disperindag memberikan pelatihan manufacturing practice.

“Kita sudah memberikan pelatihan, dan ini merupakan angkatan ketiga dengan total peserta sebanyak 200 yang dibina, dimana satu kelompok usaha bersama didalamnya terdapat 3 hingga 5 orang calon peserta usaha baru, dengan diberikan pelatihan produk dari bahan baku yang ada disekitar,” tuturnya.

Maya mencontohkan, seperti halnya air kelapa, “Biasanya kita membuang air kelapa, sehingga bisa bau dan polutan, untuk itu kita bekerjasama dengan Institut Teknologi Indonesia (ITI) untuk mengajarkan mereka cara mengelola bahan pangan tersebut agar layak dikonsumsi,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengungkapkan, program pemerintah untuk membentuk kelompok usaha bersama tentu dengan menggunakan inovasi dan teknologi yang simple yang bisa dimengerti oleh masyarakat sehingga bisa memanfaat kan limbah menjadi sesuatu yang positif, bisa meningkatkan perekonomian.

“Kita menggandeng ITI untuk memberi kan pengetahuan cara mengelola pangan dengan inovasi yang simple sehingga kita bisa menggunakan bahan baku tersebut hingga higenis, dan sehat,” tuturnya.

Airin pun berharap pelatihan ini akan menciptakan wirausaha baru yang sesaui dengan tujuan pembangunan nasional.

 

Sumber:bidiktangsel.com

Editor   :imam maskur

Bagikan :
Baca Juga :  Cegah Bahaya Narkoba Sejak Dini, Pemkot Tangsel Gandeng BNN Sosialisasi Ke Sekolah