Beranda Berita Photo Unpam Larang Menggunakan Cadar dan Berambut Gondrong, Mahasiswa: Ini Keputusan Otoriter

Unpam Larang Menggunakan Cadar dan Berambut Gondrong, Mahasiswa: Ini Keputusan Otoriter

BERBAGI

Pamulang, Beritatangsel.com – Sempat menghilang protes aturan tentang larangan gondrong kembali mencuat setelah salah satu staf Universitas Pamulang memberikan pengumuman terkait aturan itu pada Rabu (2/8/2017) Kemarin.

“Waktu pertama kali spanduk aturan pelarangan itu ada banyak yang protes, kebanyakan lewat medsos, sempat ada penahanan kartu mahasiswa yang gondrong juga, habis lebaran hilang lagi, eh muncul lagi lewat pengumuman di grup facebook, ” Keluh salah satu mahasiwa Fakultas Sastra yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Beritatangsel.com. Jumat (4/8/2017)

Banyak komentar-komentar yang muncul dalam unggahan status itu, banyak yang kontra namun tidak sedikit juga yang pro bahkan ada juga yang nyeleneh.

Hal senada juga dikatakan AP, peraturan tersebut dinilai tindakan yang diskriminatif dari pihak kampus Unpam. “Perihal tentang SK rektor mengenai larangan mahasiswa berambut gondrong menurut saya ialah suatu kecacatan pengambilan keputusan oleh para petinggi internal kampus. Suatu tindakan keputusan otoriter mengatasnamakan kerapihan. Diambil guna menekan kebebasan mahasiswanya, ” Tegas mahasiswa fakultas sastra ini kepada wartawan.

Menurutnya aturan ini sangat tidak berdasar pada konstitusi dan undang-undang yang ada di Republik Indonesia. “Padahal jelas tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 12 tahun 2012. BAB II bagian pertama pada point b mengenai prinsip dan tanggung jawab penyelenggara pendidikan tinggi: “Demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai agama, nilai budaya, kemajemukan, persatuan dan kesatuan bangsa, ” paparnya menjelaskan.

Masih kata dia, sebenarnya masalah ini mudah solusinya, adanya kepengecualian terhadap salah satu jurusan dalam aturan ini salah satunya. “Ya saya gondrong gini kan anak sastra, walau anak sastra juga ga wajib gondrong tapi setidaknya gondrong dibolehkan saja di sastra dengan catatan tetap rapi dan beretika, kalau kita anak Jurusan sekretaris, manajemen, akutan dan lain-lain ya wajarlah mereka ga boleh gondrong, ” Tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, peraturan Universitas Pamulang belakangan ini berbagai forum diskusi mahasiswa Unpam diramaikan terkait adanya spanduk aturan berpenampilan setiap mengikuti kegiatan akademik di kampus.

Yakni adanya pelarangan memakai cadar dan rambut gondrong menjadi pusat pembahasan masalah pada forum-forum mahasiswa. (IL)

 

Baca Juga :  Wisma Puspiptek Jadi Tempat Singgah Tenaga Medis Tangsel