Beranda Berita Photo Hari Kesehatan Gigi Dunia 2017 ‘Live Mouth Smart’

Hari Kesehatan Gigi Dunia 2017 ‘Live Mouth Smart’

BERBAGI

Tangerang, Beritatangsel.com – Dalam perayaan Word Oral Health Day (WOHD) 2017 yang bertema  ‘Live Mouth Smart’, Pepsodent kembali bekerjasama dengan pengurus besar persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) meningatkan pentingnya melakukan pembiasaan hidup bersih sehat untuk menghindari berbagai factor resiko yang dapat memicu permasalahan gigi dan mulut. Mengambil tempat di SDN Rawa Buntu 03, Serpong Tangerang Selatan.

Selanjutnya, Perayaan WOHD tahun ini melibatkan Jope, President Personal Care Uniliver Global dan drg. Farichah Hanum, M.Kes., Ketua PB PDGI serta dr. Agung Sugihanto, MKes, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan.

Bedasarkan RISKESDAS 2013 baru 2,3% masyarakat Indonesia yang menyikat gigi di waktu yang disarankan. Sedangkan survei Pepsodent bersama IPKESGIMI menunjukan sekitar 65,9%  anak baru diajak berkunjung ke dokter gigi setelah mengalami rasa sakit atau memiliki masalah gigi dan  mulut.

Kondisi seperti ini dapat menyebabkan trauma pada anak, sehingga anak enggan untuk diajak kembali ke dokter gigi. Beberapa factor risiko seperti diet tidak seimbang dan stress sangat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, seseorang yang sedang stress biasanya mempunyai kebiasaan menggeretakan gigi pada saat tidur, sehingga dapat mengakibatkan hilangnya tulang pada rahang dan gigi menjadi aus.

Permasalahan gigi yang tidak ditangani baik dapat menjadi salah satu factor yang mempengaruhi pertumbuhan anak,karena anak dengan masalah pada gigi memiliki kesulitan pengunyahan sehingga dapat menggangu proses penyebaran nutrisi. Bedasarkan  RISKESDAS 2013, sekitar 53,1% penduduk Indonesia mengonsumsi makanan atau minuman manis lebih dari 1 kali  dalam sehari.konsumsi minuman manis trutama menjelang waktutidur akan menyebabkan pemersalahan Early Childhood Caries. Penelitian menunjukan anak dengan permasalahan Early Childhood Caries, memiliki berat badan 80% lebih rendah dibanding  berat badan ideal.

Baca Juga :  DPC KAI Tangsel, Hadiri Rakernas Organisasi Advokat KAI di Bandung

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent. MDSc., Division Head For Health & Wellbeing and Profesional Institution Unilever Foundation, mengatakan, “Sebagai salah satu mitra global resmidari FDI World Dental Federation di Peringatan WOHD 2017, Pepsodent secara konsisten menyebarkan kebiasaan baik dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Melihat kondisi kesehatan dan prilaku masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya Pepsodent bersama PDGI melakukan edukasi tiga cara tepat dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut, Ketiga kebiasaan baik tersebut adalah menggosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur, melakukan pemerikasaan gigi rutin setiap enam bulan sekali, serta menjauhi factor risiko yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Dalam upaya untuk mencapai prubahan prilaku yang lebih baik, pembiasaan yang kami lakukan mengintegrasikan pembiasaan hidup bersih sehat melalui ragam kegiatan menyenangkan termasuk memanfaatkan teknologi dan proses edukasi,”

Seperti yang dijelaskna drg. Hanum, kesehatan gigi dan mulut tidak hanya berpengaruh pada kesehatan secara umum, tetapi juga mempengaruhi setiap aspekdari kehidupan kita (hubungan oersonal, rasa percaya diri maupun menikmati enaknya makanan), untuk itu diperlukan kerjasama menyeluruh lintas sektor, mulai dari pihak swasta, PDGI dan pemerintah untuk membuat program yang membentuk prusahaan prilaku holistic dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Bertepatan pada perayaan WOHD 2017, Pepsodent, PDGI dan pemerintah ( kementrian Kesehtan) akan terus bekerja sama untuk upaya pembiasaan hidup bersih yang terintegrasi dan holistik. Perlu dilakukan upaya preventif berkesesinabungan melalui program UKGS yang dibina oleh anggota PDGI cabang dari PUSKESMAS. Dalam perjalannya, kami akan memanfaatkan teknologi untuk menyukseskan kegiatan Promotif dan Preventif. Dengan metode tersebut, proses idukasi menjadi lebih menyenangkan dan anak-anak lebih mudah paham.

Baca Juga :  Memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, Pepsodent Bersama SDN 03 Rawa Buntu Laksanakan Sikat Gigi Massal

“Sebagi pengewajatahan dari strategi bisnis Uniliver Sustainable Living Plan (USLP) yaitu, mengembangkan bisnis sekaligus mengurangi jejak lingkungan seraya meningkatkan dalam positifterhadap masyarakat, Uniliver melalui Pepsodent mendukung penuh WOHD. Hal ini sesuai dengan pilar pertama, diaman Pepsodent berupaya melakukan meningkatkan kesehatan dan kesejahtreaan lewat kesehatan gigi dan mulut. Untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat Indonesia, Pepsodent bersama PDGI melibatkan 4 ribu dokter gig di 100nkota PDGI cabang untuk memberikan edukasi promotif preventif seputar pemiasaan hidup Bersih Sehat bagi 100.000 siswa sekolah dasar yang tersebar di Indonesia.Pepsodent berharap semakin banyak pihak yang terlibat maka semakin banyak pula masyarakat yang sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut ,” Jelas drg. Mirah. (*)