Beranda Berita Photo Yuk Coba Beragam Tips Kecantikan Kulit Dari Buah Tomat

Yuk Coba Beragam Tips Kecantikan Kulit Dari Buah Tomat

BERBAGI

Pondok Aren,Beritatangsel.com- Anda mungkin sering menyebut buah yang satu ini sebagai sayuran bukan? Mungkin Karena kebanyakan orang menjadikan buah ini sebagai lalap sayur atau pelengkap sambal. Namun Ternyata tomat termasuk jenis buah karena struktrurnya, mempunyai daging dan biji yang aman jika ditelan.

Tomat merupakan tumbuhan pertama kali yang ditemukan di Amerika Selatan,tomat masih berkerabat dengan terung,kentang,dan paprika merah maupun hijau.

Buah tomat sendiri sangat populer di dunia, terutama di Indonesia sendiri karena sudah sangat lama di budidayakan. Satu hal yang sebagian orang tidak sukai dengan buah yang satu ini yaitu karena ketahanannya yang lemah, sehingga mudah sekali membusuk.

Di dalam buah tomat terdapat beragam kandungan yang berguna untuk memelihara fungsi organ tubuh dan memperlancar segala sistem yang sedang berjalan. Kandungan yang paling banyak adalah air dan Vitamin C, apabila keduanya berkolaborasi di dalam tubuh, maka akan timbul manfaat untuk kecantikan,yakni bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori membuat kulit tampak cerah juga dapat mengatasi komedo,jerawat yang membandel juga kulit yang berminyak.

Buah tomat biasanya dijadikan sebagai krim alami yang terkadang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lainnya seperti jeruk nipis,madu,gula,dan masih banyak lagi. Berikut beragam manfaat buah tomat untuk kulit dan wajah.

  1. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah

Berikut cara membuat masker tomat untuk wajah kencang

  • Blender tomat segar
  • Campurkan dua sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan air
  • Gunakan kapas untuk mengusap wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Pijat seluruh permukaan kulit wajah secara merata selama 15 menit
  1. Mencerahkan kulit

Kulit wajah anda kusam? Anda dapat menggunakan tomat untuk membuat kulit wajah anda menjadi cerah. Cara nya pun mudah, siapkan satu atau dua potong tomat segar, iris dengan ukuran yang cukup tebal,anda dapat gunakan tiap irisan tersebut untuk menggosok wajah secara merata. Lakukan secara rutin dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

  1. Merawat Kulit
Baca Juga :  Selama 20 Tahun, Wanita Ini Keluarkan Air Mata Kristal

Selain minyak zaitun yang terkenal khasiatnya untuk merawat kulit untuk tetap sehat, ternyata kandungan minyak dalam biji tomat juga mampu merawat kulit anda dengan cara melawan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Gunakan minyak biji tomat secukupnya untuk memijat bagian kulit yang diinginkan.lakukan perawatan tersebut sebelum tidur,jangan langsung dibersihkan malam itu juga,melainkan ketika anda sudah terbangun dari lelap.

  1. Menghilangkan jerawat

Jerawat yang muncul adalah pertanda bahwa kulit yang tidak sehat dan kekurangan Vitamin A dan C. dengan menkonsumsi tomat, tubuh mendapat suplai Vitamin A dan C yang cukup sehingga jerawat dapat disembuhkan secara alami.  Selain dikonsumsi, tomat juga dapat di gunakan sebagai obat jerawat. Caranya potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat yang parah anda dapat membuat masker wajah dari tomat segar. Caranya mudah, buat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah.biarkan selama satu jam. Lalu bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur sehingga jerawat anda hilang dan kulit anda kembali mulus.

  1. Mengatasi kulit yang berminyak

Buah ini juga dapat mengatasi kulit yang berminyak. Cara mengolahnya  juga cukup mudah, buat jus dengan bahan tomat dan ketimun kecil.oleskan jus tersebut ke seluruh wajah, niscaya wajah anda tidak berminyak lagi

  1. Tomat bermanfaat untuk menghilangkan komedo

Komedo dapat membuat wajah anda terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan komedo anda dapat membuat masker dari tomat dan alpukat.buah tomat bekerja sebagai menghilangkan komedo dan alpukat sebagai antiseptic dan pelembab muka.

Caranya, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi ini kaya akan Vitamin A,C dan E. diamkan selama 20-30 menitan dan bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga :  Polsek Serpong Melaksanakan Operasi Kejahatan Jalanan Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Malam Hari

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bugar disarankan untuk sering menkonsumsi buah tomat setiap hari. Tambahkan tomat dalam menu makan anda, atau bisa dimakan langsung ataupun di jus. Disarankan menkonsumsi tomat yang sudah di masak, karena kandungannya meningkat 4 kali lipat tetapi dengan resiko menghilangkan vitamin-vitamin yang tidak tahan panas.(*)

(vitria)