Beranda Berita Photo Tsunami Dahsyat di Mediterania

Tsunami Dahsyat di Mediterania

BERBAGI
tsunami-di-mediterania-bisa-lenyapkan
tsunami-di-mediterania-bisa-lenyapkan
tsunami-di-mediterania-bisa-lenyapkan
tsunami-di-mediterania-bisa-lenyapkan

BT.COM –  Rabu, 2 September 2015 Bencana alam tsunami mengancam kehidupan 130 juta orang yang tinggal di sepanjang garis pantai Laut Mediterania. Hal itu terungkap dari sebuah simulasi para peneliti yang meneliti dampak gempa bumi di lepas pantai utara Afrika.

Para peneliti menggunakan simulasi sebuah gelombang besar yang muncul akibat gempa dalam laut itu.

Dari hasil simulasi diperoleh gambaran jika gempa berkekuatan 7,0 skala richter melanda lepas pantai di sebelah timur Sisilia, Italia dan selatan Pulau Crete di Yunani, seluruh wilayah tersebut akan tenggelam.

“Bahkan wilayah-wilayah yang padat penduduk yang menjadi destinasi wisata terkenal dan populer di sepanjang wilayah tersebut akan disapu oleh gelombang yang sangat dahsyat,” kata Dr Achilleas Samaras, ahli gelombang dinamik dari University of Bologna, Italia.

Simulasi para peneliti ini juga menunjukkan bahwa area seluas 3,8 km persegi dari Pulau Crete akan tenggelam dan hilang selamanya. Sedangkan tebing curam dari Sisilia yang tinggal 0,5 km persegi juga akan lenyap.

Intinya, pulau-pulau di Yunani yang selama ini menjadi tujuan wisata dunia, akan terkena dampak paling buruk.

Para peneliti menjelaskan, tsunami di Laut Mediterania yang memiliki dampak mengerikan hanya terjadi 100 tahun sekali. Peristiwa tsunami besar terakhir kali menyapu pantai Pulau Crete pada 365 Masehi. Kala itu air bah muncul akibat gempa berkekuatan 8 hingga 8,5 skala Richter.

Tsunami purba itu menghancurkan peradaban kota-kota di Yunani, Italia dan Mesir. Korban jiwa akibat tsunami tersebut telah menelan korban 5 ribu orang di kota Alexandria, Mesir.

Gempa dan tsunami dahsyat terakhir di wilayah Mediterania terjadi pada tahun 1908. Saat itu, wilayah Messina di Italia dilanda gempa dengan kekuatan 7 skala Richter dan memicu tsunami yang membunuh ribuan orang dengan gelombangnya yang setinggi 10 meter.

“Simulasi yang kami lakukan dapat membantu pihak berwenang dan para pembuat kebijakan dalam membuat database yang komprehensif tentang skenario tsunami di Mediterania. Simulasi kami juga bisa mengidentifikasi daerah pesisir yang rentan terhadap setiap tsunami sehingga bisa dibuatkan perencanaan untuk pertahanannya,” pungkas Achilleas.
(Sumber: Dailymail)

Baca Juga :  Meleset Dari Target Pembongkaran, PT Wahana Infonusa dan Tim Ahli Bangunan Kota Tangsel kembali Gelar konfrensi pers