Beranda Berita Photo Jasad Balita Terdampar Di Pantai Buat Haru Dunia

Jasad Balita Terdampar Di Pantai Buat Haru Dunia

BERBAGI
bocah-balita-terdampar-di-pantai-turki
bocah-balita-terdampar-di-pantai-turki
bocah-balita-terdampar-di-pantai-turki
bocah-balita-terdampar-di-pantai-turki

BT.COm – Seorang balita pria berpakaian lengkap tertelungkup di tepi pantai Turki. Sementara di dekatnya berdiri petugas kepolisian Turki. Balita itu, yang diduga berasal dari Suriah, telah tenggelam dalam upaya melarikan diri dari peperangan yang tengah melanda negara itu.

Foto ini memiliki pesan luar biasa besar untuk mengingatkan akan nilai-nilai kemanusiaan. Sementara sejumlah pemimpin Eropa mengembangkan langkah mencegah para pengungsi masuk ke wilayahnya.

Akibatnya, para pengungsi tersebut terombang-ambing di tengah lautan dan menghadapi ancaman kematian. Sebagian dari mereka dilanda keputusasaan, padahal tengah menyelamatkan diri dari penganiayaan dengan mencari tempat baru yang lebih aman.

Balita itu kemudian digendong oleh petugas. Dia bersama 12 orang pengungsi lain yang ditemukan tewas tenggelam saat mencoba menyeberangi Laut Tengah menggunakan dua perahu menuju Pulau Kos, Yunani.

Media lokal Turki mengidentifikasi balita itu berusia 3 tahun bernama Aylan Kurdi. Balita itu berasal dari Kobane, kota yang dihuni oleh suku Kurdi di Suriah, yang juga merupakan medan pertempuan antara Suriah melawan ISIS.

Salah satu perahu membawa enam pengungsi Suriah tenggelam setelah meninggalkan Akyarlar. Rencananya, perahu itu akan berlayar lurus sejauh 5 kilometer menuju Kos demi mendapat kebebasan dengan memasuki kawasan Uni Eropa.

Merujuk laporan Kantor Berita Turki, Dorgan, tiga anak dan seorang wanita dikabarkan tenggelam. Dua orang lainnya selamat setelah berenang kembali ke pantai.

Foto tersebut memicu keprihatinan para netizen. Tagar ‘KiyiyaVuranInsanlik’ atau ‘kemanusiaan terdampar’ menjadi trending topik di Twitter dan foto tersebut telah disebar berkali-kali.

The image of the #Syria boy whose body washed up di Bodrum is haunting. Biggest indictment of collective failure (Gambar bocah #Syria yang tubuhnya terdampar di Bodrum telah menghantui. Bukti terbesar kegagalan kolektif),” tulis pemilik akun @nadimhoury.

“I see human but no humanity #KiyiyaVuranInsanlik (Saya melihat manusia tapi tidak ada kemanusiaan),” komentar lain dari pemilik akun @burhanakman.

(Ism, Sumber: cnn.com | aljazeera.com | independent.co.uk)

Baca Juga :  Persiapan UPTD Pendidikan Pamulang Jelang UN