Beranda Berita Terkini Pemerintah sepakat untuk mengimpor 300.000 ekor sapi

Pemerintah sepakat untuk mengimpor 300.000 ekor sapi

BERBAGI
sapi
Pemerintah sepakat untuk mengimpor 300.000 ekor sapi
sapi
Pemerintah sepakat untuk mengimpor 300.000 ekor sapi

BT.COM – Pemerintah sepakat untuk mengimpor 300.000 ekor sapi untuk mengatasi kelangkaan pasokan daging. Selain itu, impor perlu dilakukan untuk dan menjaga stabilitas harga di pasaran yang hingga kini masih tinggi mencapai Rp 120.000 per kilogram.

Selain itu, impor sapi juga bakal digunakan untuk mencegah penimbunan yang sering dilakukan para mafia daging sapi.

“Jadi kemarin saya dan Mentan sudah bicara dan kita siap untuk guyur pasar. Untuk sisa tahun ini kita mungkin bisa impor 200.000 hingga Rp 300.000 ekor,” ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong yang ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (18/8).

Dia menegaskan, impor sapi dilakukan untuk memberikan peringatan pada mafia penimbun daging sapi di pasaran agar harga daging sapi bisa segera diturunkan. Sapi impor akan digunakan untuk operasi pasar.

“Tapi pesan utama kami siap untuk guyur pasar supaya yang timbun-timbun stok ini juga berpikir dua kali, karena ketika kita guyur pasar, harga akan anjlok dan yang timbun itu akan mengalami kerugian finansial cukup berat. Jadi itu sementara ini pembicaraan kita,” kata dia.

Thomas menambahkan akan berkoordinasi dengan Menteri Pertanian terkait pengadaan impor tersebut, karena penambahan stok melalui impor juga dilakukan berdasarkan kebutuhan daging sapi di dalam negeri.

“Saya kira beliau punya strategi untuk pengembangan industri ini agar dalam jangka panjang sangat bagus. Tapi tentunya saya yang ditugaskan untuk menertibkan pasar,” tegasnya.

Baca Juga :  FSPMI Banten Minta UMK Tangerang 2024 Bisa Naik 15 Persen